Ahad 13 Sep 2020 09:38 WIB

Manfaatkan Anak Kecil, Maling Curi Tas Jamaah Masjid Tebet

Pelaku meminta anak kecil yang akan sholat untuk mengambil tas milik seorang jamaah.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Pelaku pencurian di masjid manfaatkan anak kecil (ilustrasi).
Foto: Foto : MgRol112
Pelaku pencurian di masjid manfaatkan anak kecil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah rekaman CCTV viral di Instagram menunjukkan aksi pencurian di Masjid Al-Ikhwan, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Dalam video tersebut tampak pencuri memanfaatkan anak kecil untuk mengambil tas korbannya yang tengah solat berjamaah.

Marbut Masjid Al-Ikhwan, Aji mengatakan kejadian tersebut terjadi sekitar dua pekan lalu. “Kemarin kejadian sekitar dua pekan lalu sebelum sholat Zuhur, tapi mungkin baru viralnya sekarang. Sebelum kejadian dia sempat mondar-mandir,” kata Aji di lokasi, Sabtu (12/9).

Aji mengatakan, pelaku yang berpostur tinggi, kurus, dan tampak berusia 50 tahun sudah berada di masjid saat ia sedang menyapu. Pelaku juga terlihat bolak-balik ke kamar mandi.

Kemudian, dari rekaman CCTV saat sholat berjamaah dimulai, pelaku meminta anak kecil yang hendak sholat untuk mengambil tas milik seorang jamaah yang diletakkan di bagian belakang shaf. “Itu anak kecil juga mikir mungkin punya bapaknya itu,” tutur Aji.

Pelaku kemudian membawa kabur tas milik korban dengan menaiki sepeda motornya. Berdasarkan keterangan Aji, saat sholat jamaah berjalan korban tidak meletakkan tasnya di dekatnya. Melainkan di shaf belakang, sementara korban sholat di shaf depan. “Kita sudah mengingatkan sebelumnya,” ujar Aji menegaskan.

Dari kejadian tersebut, korban yang mengaku bekerja sebagai pengemudi ojek daring itu kehilangan tas berisi dompet dan handphone. Untuk membantu meringankan bebannya, pihak Masjid Al-Ikhwan memberi bantuan uang tunai.. “Ya Alhamdulillah dari masjid sedikit meringankan bantuan lah, Rp 1 juta,” kata Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement