Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sinar Mas Land Gandeng Mitbana Kembangkan BSD City

Sabtu 12 Sep 2020 23:23 WIB

Red: Joko Sadewo

BSD City

BSD City

Foto: istimewa/doc sinar mas land
Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar Sinar Mas Land di BSD City.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA – Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk. memulai kerja sama dengan Mitbana Pte Ltd, sebuah perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation. Kerja sama ini bertujuan membuat pengembangan sebuah transit-oriented development (TOD) berkonsep smart di BSD City, Indonesia.

Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, Michael Widjaja, menyambut baik kerja sama dengan Mitbana untuk memajukan BSD City. Sehingga BSD City menjadi kota pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi.

"Dengan kerja sama ini, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar kami di BSD City. Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia,” kata Michael, dalam siaran persnya, Sabtu (12/9).

Didirikan pada Maret 2019, Mitbana merupakan perusahaan yang berpusat di Singapura, dengan fokus untuk pengembangan berskala kota dan TOD di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Kerja sama antara Sinar Mas Land dan Mitbana akan membuat pengembangan terintegrasi berbasis TOD berdasarkan tren urban saat ini, khususnya dengan pertimbangan pasca-pandemi yang berlangsung saat ini.

Dengan pengalaman dan keahlian dari Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation, Mitbana berkeyakinan untuk mengakselerasi pengembangan tersebut dengan dukungan modal dari berbagai pihak ketiga. Infrastruktur yang baik dalam pengembangan ini akan turut mendukung pemerintah Indonesia untuk mengelola konektivitas yang baik untuk warga dan para komuter di Jakarta dan Tangerang.

Chief Executive Officer Mitbana, Gareth Wong, mengatakan, Indonesia memiliki potensi TOD yang cemerlang di masa depan serta menjadi peluang besar untuk Mitbana. Menurutnya, Mitbana bersemangat mewujudkan visi bersama untuk menjadi wadah pengembangan urban terdepan, melalui pengembangan kota pintar yang berkesinambungan.

DIkatakan pula, saat dunia sedang berjuang dalam pandemi Covid-19, Mitbana mencari metode yang relevan untuk menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan hidup di masa depan. "Oleh sebab itu, kami bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk mendefinisikan dan memberikan solusi urban yang holistik untuk menunjang komunitas dan meningkatkan bisnis di Indonesia. Pengembangan ini akan dilakukan dalam beberapa fase yang akan kami tunjukkan dalam waktu yang akan datang,” papar Wong.

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land dibangun sejalan dengan kolaborasi yang telah terjalin antara Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land, dan Surbana Jurong. Kerja sama dengan Mitsubishi Corporation dilakukan melalui pengembangan kawasan The Zora di BSD City yang merupakan zona hunian eksklusif dengan teknologi smart-home terdepan dari Mitsubishi. Di township lain, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Citra Mas menunjuk Surbana Jurong dalam pengembangan konsep masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, seluas 62 hektare.

Chairman Mitbana and Group Chief Corporate Officer Surbana Jurong, Chong Lit Cheong, menjelaskan, kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land di BSD City ini akan mengedepankan Surbana Jurong dalam pengembangan yang berkesinambungan di Asia. Surbana Jurong akan mengaplikasikan keahliannya di berbagai bidang seperti perancangan kota dan infrastruktur. Hal ini akan dilengkapi dengan keahlian pengembangan urban dari Mitsubishi Corporation."Kami harap kerja sama dengan Sinar Mas Land ini akan membawa kita menuju proyek TOD modern di Indonesia yang memaksimalkan kenyamanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” papar dia.

General Manager Mitsubishi Corporation di Singapura dan anggota dewan Mitbana, Hiroshi Nakanishi, mengatakan, Mitsubishi Corporation senang karena melalui Mitbana dapat terus bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam pembangunan di BSD City. “Kami percaya dengan potensi perkembangan Indonesia yang terus memotivasi kami untuk memberikan produk dan teknologi terbaik kami dalam proyek ini,” kata Nakanishi.

Sebagai perusahaan perdagangan terdepan dari Jepang, Mitsubishi Corporation telah memiliki pengalaman dari beragam sektor. Mitsubishi Corporation memiliki tim in-house Urban Development Group yang komprehensif dalam bidang realestat, infrastruktur, leasing, dan perbankan perdagangan di seluruh dunia. Kelompok kerja ini memiliki misi untuk mendukung pengembangan urban skala besar dan bernilai tambah untuk kebutuhan sosial dan lingkungan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA