Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Pahala Saling Tolong Menolong

Sabtu 12 Sep 2020 21:47 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Hasanul Rizqa

Ilustrasi menolong

Ilustrasi menolong

Foto: pxhere
Orang yang menolong sesama akan diganjar pahala dan ampunan dari Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut ajaran Islam, saling tolong menolong dalam kebaikan merupakan suatu perbuatan yang terpuji. Dalam Alquran, Allah SWT memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk bertakwa dan gemar mengulurkan bantuan kepada sesama. "Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa" (QS al-Maidah:2).

Sebagaiman dikutip dari buku Tasawuf Sosial, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan amalan tersebut. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berjalan untuk menolong saudaranya dan kemanfaatannya, maka baginya pahala orang-orang yang berjuang di jalan Allah.”

Baca Juga

Dalam hadis lain, beliau shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa menolong orang yang sangat membutuhkan, maka Allah mencatatnya sebanyak 73 ampunan. Satu ampunan terdapat kebaikan semua masalahnya, yang 72 (menaikkan) derajatnya pada Hari Kiamat” (HR. Bukhari dan Baihaqi).

Di luar itu, masih banyak hadis yang menjelaskan keutamaan sifat penolong. Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Barang siapa mengerjakan keperluan saudaranya yang Muslim, maka ia mendapatkan pahala seperti orang yang mengabdi kepada Allah dalam sepanjang usianya" (HR Abi Na’im).

Dengan menolong, maka akan memberikan kebahagiaan terhadap orang yang ditolongnya tersebut. Sedangkan Allah sangat mencintai pebuatan yang bisa memberikan kegembiraan di hati orang-orang yang beriman.

Nabi SAW menerangkan, "Sesungguhnya termasuk amal yang paling dicintai Allah
adalah memberikan kegembiraan di hati orang mukmin, menghilangkan kesusahan,
membayar utang, atau memberi makan ketika lapar.”

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA