Sabtu 12 Sep 2020 21:45 WIB

Hyundai Gandeng Mitra Lokal Produksi Baterai Mobil Listrik

Hyundai bekerja sama dengan SK Innovation, untuk mengembangkan baterai.

Hyundai
Foto: Reuters
Hyundai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Hyundai Motor Group menggandeng perusahaan energi lokal Korea Selatan, SK Innovation, untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik (EV). Kendaraan listrik merupakan kunci industri mobilitas masa depan.

Kedua pihak berencana untuk bekerja sama di berbagai area bisnis yang terkait dengan industri baterai kendaraan listrik. Kerja sama meliputi solusi penjualan baterai, layanan manajemen baterai, serta penggunaan kembali dan daur ulang baterai.

Baca Juga

"Kolaborasi ini berawal dari kebutuhan bersama kedua pihak untuk menciptakan rantai nilai baterai dan memperkuat keramahan lingkungan dalam operasi bisnis yang mencakup seluruh siklus hidup baterai kendaraan listrik," kata Hyundai Group dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu (12/9).

Kerja sama Hyundai dan SK Innovation ini tidak sekedar dalam penyediaan baterai kendaraan listrik. Kerja sama juga meliputi siklus penggunaan baterai yang baik di mana “baterai sebagai pelayanan”, yang meliputi penyewaan baterai hingga masalah daur ulang.

Untuk memungkinkan kerja sama, kedua belah pihak berfokus pada proses awal pengumpulan dan verifikasi paket baterai model Niro EV Kia Motors.

Secara khusus, kedua perusahaan akan mencari solusi yang dapat memaksimalkan nilai dan ramah lingkungan baterai EV. Ini termasuk penggunaan kembali baterai yang tidak lagi dapat digunakan dalam kendaraan dalam berbagai aplikasi seperti Energy Storage Systems (ESS). Selain itu perusahaan mencari solusi daur ulang baterai yang mengekstraksi logam bernilai ekonomis seperti litium, nikel, dan kobalt.

Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan nilai dan daya saing industri daur ulang baterai, yang akan menopang era EV di masa depan.

Hyundai Motor Group dan SK Innovation juga berencana untuk mensinergikan infrastruktur dan kapabilitas bisnis afiliasi mereka masing-masing yang mencakup beragam industri. Dengan begitu bisa memperkuat daya saing baterai mereka dan memperluas pertumbuhan sektor terkait.

"Kerja sama Hyundai Motor Group dengan SK Innovation, pemasok baterai tingkat pertama untuk Electric Global Modular Platform (E-GMP) kami yang akan diperkenalkan pada tahun 2021, menandai langkah penting pertama dalam memaksimalkan sinergi antara perusahaan mobilitas dan baterai," kata Youngcho Chi, Presiden dan Chief Innovation Officer dari Hyundai Motor Group.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement