Sabtu 12 Sep 2020 20:44 WIB

Lucid Air, Mobil Listrik yang Diklaim Ungguli Tesla

Lucid mengklaim memiliki keunggulan dari sisi isi ulang baterai.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Lucid Air
Foto: CNET
Lucid Air

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA--Gurihnya pasar mobil listrik tak hanya membuat sejumlah produsen mobil konvensional mulai melakukan transisi. Faktanya, potensi pasar electric vehicle (EV) juga membuat sejumlah pemain baru bermunculan dalam industri otomotif.

Salah satu start up yang terjun dalam industri kendaraan listrik adalah Lucid Motors. Dilansir dari The Verge pada Sabtu (12/9), kini pabrikan Amerika itu pun telah resmi memperkenalkan produk bernama Lucid Air.

Baca Juga

Produk dalam wujud sedan elektrik mewah itu pun dihadirkan sebagai rival Tesla. Oleh karena itu, Lucid Air dibekali dengan kemampuan baterai, motor listrik dan harga yang cukup kompetitif.

Dari segi daya jelajah, Lucid Air diklaim mampu menempuh jarak sekitar 820 kilometer. Total tenaga sebesar 1.000 daya kuda pun membuat produk ini mampu mencatat akselerasi 0 hingga 100 kilometer/jam hanya dalam 2,5 detik.

Soal desain, mobil yang ditawarkan dengan harga mulai dari 80 ribu dolar AS ini juga tak kalah menarik. Sebagai sebuah sedan, Lucid Air hadir dengan desain streamline dan dibekali dengan desain lampu serta grille yang unik.

Balutan desain yang unik itu sendiri dilengkapi dengan baterai 113 kWh yang dapat diisi ulang dengan cepat. Untuk menunjang keselamatan, produk yang juga ditawarkan dengan opsi terlengkap seharga 169 ribu dolar AS itu juga dilengkapi dengan 32-sensor advanced driving assistance system,yang mencakup kamera, radar, ultrasonic dan LIDAR.

Pada sisi interior, pengendara pun dimanjakan oleh sejumlah layar informatif baik yang terpasang pada panel instrumen maupun pada bagian tengah dasboard. Agar hadir sesuai dengan kebutuhanm Lucid Air pun dihadirkan dalam sejumlah varian seperti Touring, Grand Touring dan Dream Edition.

Lewat seluruh balutan ini, tak heran jika Lucid cukup percaya diri memposisikan diri sebagai rival Tesla. Apalagi, Lucid mengklaim memiliki keunggulan dari sisi isi ulang baterai.

Lucid Air dapat melakukan pengisian ulang baterai untuk daya jelajah sekitar 32 kilometer hanya dalam satu menit saja. Sebagai komparasi, saat ini pengisian ulang tercepat dari Tesla hanya mampu melakukan pengisian ulang untuk daya jelajah 24 kilometer dalam satu menit. Artinya, jika baterai yang tertanam memiliki daya jelajah sekitar 480 kilometer, maka pengendara Lucid Air dapat melakukan pengisian ulang secara penuh hanya dalam 20 menit.

Untuk menunjang hal itu, Lucid menggunakan charger 900 volt dengan charging rate hingga 300 kW. Perangkat pengisian ulang ini dikembangkan lewat kerja sama dengan Electrify America.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement