Sabtu 12 Sep 2020 08:18 WIB

Misi Berat Arteta di Craven Cottage

Pertandingan vs Fulham jadi pembuktian Arteta sebagai pelatih Arsenal.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: EPA-EFE/Paul Childs
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Duo London, Fulham dan Arsenal, secara resmi mengawali musim kompetisi Liga Primer Inggris 2020/2021. Laga di Craven Cottage, Sabtu (12/9), akan menandai pertandingan kompetitif, setelah enam pekan pertandingan terakhir digelar.

Tentu saja, musim kompetisi baru ini jadi penantian para fan untuk melihat wajah baru dalam skuat tim kesayangannya. Arsenal misalnya, sudah mendapatkan Willian dari Chelsea dan Gabriel Magalhaes dari Lille. Selain itu, Dani Ceballos juga melanjutkan masa kerjanya bersama Arsenal.

Juru taktik the Gunners, Mikel Arteta, punya tugas berat musim ini, yaitu memperbaiki peringkat klub setelah musim lalu finis di posisi kedelapan atau terburuk selama 25 tahun terakhir. Bukan itu saja. Pertandingan ini pun jadi pembuktian pertama Arteta, setelah resmi naik jabatan jadi pelatih tim utama menggantikan Unai Emery.

Untuk itu, Arteta menargetkan timnya bisa lolos ke zona Liga Champions musim depan. Apalagi, pelatih asal Spanyol itu percaya diri setelah memenangkan Piala FA dan Community Shield, usai menumbangkan Chelsea dan Liverpool.

''Kami telah mengalahkan tim top secara konsisten dalam dua bulan terakhir, tapi jelas setelah 10 bulan, klasemen musim lalu menunjukkan bahwa kami masih sangat jauh,'' ujar Arteta dikutip dari Sky Sports, Jumat (11/9).

Namun Arsenal perlu waspada. Fulham menyambut laga perdana ini dengan kepercayaan diri tinggi setelah kembali ke kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut. Skuat asuhan Scott Parker itu pun berusaha mencari pendekatan berbeda setelah terjerumus ke Divisi Championship musim 2018/2019.

Untuk itu, the Cottagers serius memperkuat skuat dengan mendatangkan beberapa pemain baru, di antaranya Kenny Tete, Alphonse Areola, Harrison Reed, Mario Lemina, dan Antonee Robinson. Mantan bek Chelsea Ala Aina juga dikabarkan akan segera bergabung dengan skuat utama.

''Ini adalah tantangan yang harus kami hadapi, dan saya merasa kami berada di tempat yang tepat untuk melakukannya. Secara mental kami siap dan kami menantikannya,'' jelas Parker dikutip dari laman resmi klub.

Fulham harus berhadapan dengan salah satu tim paling kuat di Inggris. Parker tak menyangkal kualitas stok pemain yang dimiliki Arsenal. Ia menilai Arteta telah melakukan pekerjaan yang fantastis dalam waktu singkat dengan timnya. ''Tapi seperti biasa, kami akan mempersiapkan pertandingan ini untuk mencoba dan menyakiti mereka di mana kami merasa bisa menghukum mereka,'' tegas dia.

Sejauh ini catatan statistik lebih condong berpihak ke Arsenal. Klub yang bermarkas di Emirates Stadium itu memenangkan lima pertemuan terakhir kedua tim. Ditambah lagi, Pierre-Emerick Aubameyang dkk telah mencetak minimal dua gol dalam empat pertandingan terakhir melawan Fulham di semua kompetisi.

Meski demikian, Fulham bisa mengambil keuntungan dari banyaknya pemain Arsenal yang cedera. Ada lima pemain the Gunners yang menepi saat laga perdana, yaitu Calum Chambers, Gabriel Martinelli, Pablo Mari, Shkodran Mustafi, dan David Luiz.

Jadwal Liga Primer Inggris, Sabtu (12/9)

Burnley  vs Manchester United (ditunda)    

Manchester City vs Aston Villa (ditunda)   

Fulham     vs Arsenal    

Crystal Palace vs Southampton    

Liverpool vs Leeds United    

West Ham United vs Newcastle United

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement