Jumat 11 Sep 2020 20:29 WIB

Uji Preklinis Calon Vaksin Merah Putih Sampai Desember

Eijkman menyatakan uji pada hewan dijadwalkan sampai akhir tahun ini.

Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio
Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari
Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio mengatakan uji preklinis calon vaksin Merah Putih untuk Covid-19 ditargetkan selesai sampai akhir Desember 2020. "Jadi uji pada hewan dijadwalkan sampai akhir tahun ini," kata Amin, Jumat (11/9).

Proses pengembangan vaksin tersebut sudah 50 persen selesai. Saat ini sedang menunggu sistem ekspresi yang menggunakan sel mamalia dan ragi untuk mengekspresikan protein rekombinan yang sudah didesain.

Baca Juga

Vaksin Merah Putih tersebut dikembangkan dari isolat virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 yang beredar di Indonesia. Amin menuturkan bibit vaksin Merah Putih ditargetkan diperoleh di Januari 2021.

Bibit vaksin itu kemudian akan diserahkan kepada PT Bio Farma untuk diformulasikan lebih lanjut untuk siap disuntikkan atau diujikan ke manusia. Amin menuturkan pengembangan vaksin Merah Putih dengan platform subunit protein rekombinan itu berjalan sesuai dengan jadwal atau on the track.

Di jadwal yang direncanakan, Eijkman akan menyerahkan bibit vaksin sesuai target pada Februari atau Maret 2021. "Masih on the track, kalau kita perhatikan di timeline sampai dengan September ini memang masih sesuai dengan apa yang kita rencanakan," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement