Jumat 11 Sep 2020 19:45 WIB

Neraka Siap Sambut 3 Jenis Manusia Ini dengan Pintu Terbuka

Neraka akan menyambut tiga jenis manusia untuk mendapat hukumannya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Neraka akan menyambut tiga jenis manusia untuk mendapat hukumannya. Ilustrasi neraka.  Ilustrasi berhala
Foto: designer-daily.com
Neraka akan menyambut tiga jenis manusia untuk mendapat hukumannya. Ilustrasi neraka. Ilustrasi berhala

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam Alquran dan hadits diceritakan tentang indahnya surga dan mengerikannya neraka. Tentu tidak seorang pun menginginkan dirinya memasuki neraka yang digambarkan dengan sangat mengerikan.

Dalam kitab Sunan Tirmidzi diceritakan bahwa neraka mengaku diserahi tiga jenis manusia. Pertama, manusia yang angkuh dan sombong. Kedua, manusia yang memohon atau berdoa kepada Tuhan selain Allah SWT. Ketiga, manusia yang menyembah gambar. Abu Hurairah RA berkata, “Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

تَخرجُ عنقٌ منَ النَّارِ يومَ القيامةِ لَها عَينانِ تُبْصِرانِ ، وأذُنانِ تسمَعانِ ، ولِسانٌ ينطِقُ ، يقولُ : إنِّي وُكِّلتُ بثلاثةٍ : بِكُلِّ جبَّارٍ عَنيدٍ، وبِكُلِّ مَن دعا معَ اللَّهِ إلَهًا آخرَ ، وبالمصوِّرينَ

Bagian leher (depan) neraka akan tampak keluar pada hari Kiamat nanti. Bagian itu memiliki dua mata untuk melihat, dua telinga untuk mendengar, dan dua lisan untuk berbicara."

"Neraka berkata: Sungguh aku diserahi tiga macam manusia, yaitu semua manusia yang angkuh dan sombong, setiap orang yang berdoa (memohon) kepada Tuhan lain selain Allah, dan orang-orang yang menggambar (menyembah gambar)." (Imam At-Tirmidzi).

Sebagaimana diketahui, surga diperuntukkan bagi orang yang melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Allah SWT. Sementara neraka diperuntukan bagi mereka yang tidak melaksanakan perintah Allah SWT dan tidak menjauhi larangan Allah SWT.

Hadits lainnya yang menceritakan tentang neraka dalam kitab Sunan Tirmidzi, dikatakan bahwa pada hari kiamat didatangan 70 ribu tali pengikat ke neraka Jahanam. Abdullah bin Mas'ud berkata, “Rasulullah SAW bersabda: 

يُؤْتَى بجَهَنَّمَ يَومَئذٍ لها سَبْعُونَ ألْفَ زِمامٍ، مع كُلِّ زِمامٍ سَبْعُونَ ألْفَ مَلَكٍ يَجُرُّونَها 

Pada hari itu (Kiamat) didatangkan 70 ribu tali pengikat ke neraka Jahanam. Pada setiap tali pengikat terdapat tujuh puluh ribu malaikat yang menariknya." (Imam At-Tirmidzi).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement