Jumat 11 Sep 2020 17:31 WIB

Polisi Oregon AS Curigai Kebakaran Besar Disengaja

Polisi Oregon AS menyebut kebakaran yang melalap kota-kota sekitar mencurigakan

Red: Nur Aini
Kebakaran hutan/ilustrasi
Foto: wikimedia
Kebakaran hutan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, OREGON -- Otoritas memulai penyelidikan terkait kecurigaan asal mula kebakaran maut di Oregon, Amerika Serikat, yang berawal di Kota Ashland hingga melalap ratusan rumah di kota sekitarnya.

Kepala Kepolisian Ashland Tighe O'Meara, Kamis (10/9) menyebut bahwa tim penyidik kebakaran Almeda, dengan dipimpin oleh para detektif dari departemennya, melihat kebakaran besar tersebut sebagai suatu kejadian mencurigakan, tetapi menolak memberikan keterangan lebih jauh.

Baca Juga

"Kami mempunyai alasan untuk yakin bahwa ada unsur manusia dalam hal ini. Kami akan memperlakukannya sebagai penyelidikan kriminal sampai ada alasan untuk meyakini yang sebaliknya," kata dia.

Kebakaran Almeda mulai muncul pada Selasa (8/9) pagi di Ashland, yang berpenduduk sekitar 21.000 jiwa, di Oregon bagian selatan dengan jarak hanya sekitar 26 kilometer dari perbatasan Kalifornia. Api yang terbawa angin kencang itu mengakibatkan kerusakan yang relatif kecil di Ashland, tetapi telah menyebar dengan cepat ke kota-kota sekitar, mulanya ke Bear Creek, lalu berkobar terus ke kota Talent dan Phoenix, serta menuju Medford yang berpenduduk 82.000 jiwa.

Almeda adalah salah satu kebakaran paling parah di antara puluhan lokasi kebakaran di wilayah barat AS selama beberapa hari belakangan, yang sejauh ini menewaskan sembilan orang di Kalifornia bagian utara, Oregon, dan Washington. O'Meara menyebut masih banyak jenazah yang diperkirakan akan ditemukan oleh tim pencari.

"Kami berupaya secepat mungkin untuk mengeluarkan warga dari sana. Kemungkinannya, akan ada banyak jenazah di rumah-rumah itu. Kecenderungan lebih banyak jumlah korban jiwa juga menjadi signifikan," ujar O'Meara.

Di Oregon sendiri, dua jenazah baru telah ditemukan di antara reruntuhan yang terbakar, menurut juru bicara kantor pemadam kebakaran negara bagian, Rich Tyler, yang berbicara secara terpisah. Tyler juga mengatakan bahwa masih belum jelas apakah ada kebakaran di Oregon yang disebabkan oleh kesengajaan manusia.

"Semua kebakaran diselidiki dengan kemungkinan kejahatan yang disengaja, sehingga kita bisa menentukan apakah memang demikian atau hal itu bisa dikesampingkan," kata Tyler.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement