Jumat 11 Sep 2020 16:10 WIB

Bagaimana Layanan Nikah di Masa PSBB?

Pemprov DKI akan kembali memberlakukan PSBB.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Bagaimana Layanan Nikah di Masa PSBB?. Foto: Ilustrasi PSBB
Foto: republika/kurnia fakhrini
Bagaimana Layanan Nikah di Masa PSBB?. Foto: Ilustrasi PSBB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan akan mulai memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara total, mulai 14 September. Keputusan tersebut mengulang kebijakan yang diterapkan pada April lalu, mengingat penambahan kasus Covid-19 yang semakin bertambah.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kementerian Agama(Kemenag), Muharam Marzuki, mengatakan layanan nikah tetap berjalan. Namun pelaksanaannya disesuaikan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga

Aturan tersebut sesuai Surat Edaran (SE) Dirjen Bimas Islam tanggal 10 Juni 2020. “Sesuai SE Dirjen Bimas Islam, layanan KUA secara nasional tetap berjalan sebagaimana mestinya. Karena PSBB jilid dua, protokol kesehatan dalam layanan nikah di DKI Jakarta akan diperketat,” kaya Marzuki dalam keterangan yang didapat Republika, Jumat (11/9).

Menurutnya, layanan penikahan di wilayah yang memberlakukan PBSB akan menerapkan protokol sesuai peraturan yang diberlakukan Gugus Tugas Covid-19 setempat. Selain itu, pendaftaran nikah juga hanya dilakukan secara daring melalui situs simkah.kemenag.go.id.

 

Ia juga menyebut pelaksanaan akad nikah baik, di KUA ataupun di luar KUA di masa penerapan PSBB, hanya boleh dilaksanakan bagi calon pengantin yang telah mendaftar pada tanggal sebelum diberlakukannya PSBB tersebut, serta telah disetujui oleh pihak KUA.

Di samping itu, pelaksanaan akad nikah, baik di KUA ataupun di luar KUA, hanya boleh diikuti 10 peserta. Jumlah ini terdiri atas pasangan calon pengantin, satu wali nikah, dua perwakilan saksi, dua perwakilan orang tua calon pengantin, satu penghulu, satu kameramen, serta satu pendamping calon pengantin.

“Tak kalah penting sirkulasi udara ruangan yang digunakan untuk pelaksanaan akad nikah dipastikan kondisinya baik,” katanya.

Terakhir, bagi seluruh peserta yang hadir dalam Majelis Akad Nikah, ia mengingatkan wajib mematuhi protokol kesehatan. Penggunaan masker, menjaga jarak aman minimal satu meter, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum masuk ruangan, harus dilakukan.

"Khusus pasangan calon pengatin dan penghulu, wajib menggunakan sarung tangan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement