Jumat 11 Sep 2020 14:27 WIB

Rasulullah Sosok yang Setia Pada Istri

Hingga usia 50 tahun, Rasulullah hanya beristrikan satu orang wanita.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Rasulullah Sosok yang Setia Pada Istri. Foto: Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Rasulullah Sosok yang Setia Pada Istri. Foto: Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah merupakan pribadi unggul, paling unggul di antara manusia manapun. Salah satu teladan beliau adalah tentang kesetiaannya pada istri, yakni pada Sayyidah Khadijah.

Dalam buku Sejarah Hidup Muhammad karya Muhammad Husain Haikal dijelaskan, hingga usia Nabi 50 tahun, Nabi hanya beristrikan satu orang wanita saja yaitu Sayyidah Khadijah.

Baca Juga

Padahal umumnya bangsa Arab saat itu laki-lakinya selalu berpoligami.

Nabi Muhammad hidup bersama Sayyidah Khadijah selama 17 tahun sebelum kerasulannya, dan 12 tahun sesudah itu.

Disebutkan, selama kebersamaan dengan Sayyidah Khadijah itu, tidak sama sekali terlintas dalam benak Nabi untuk menikah lagi dengan wanita lain.

Baik pada masa Sayyidah Khadijah hidup, atau sebelum itu.

Bahkan sebelum bertemu dengan Sayyidah Khadijah, Nabi tidak pernah terpesona atau tergoda dengan kecantikan wanita-wanita manapun. Padahal ketika itu, wanita-wanita Arab umumnya masih menganut budaya Jahiliyah dengan aurat yang tidak tertutup.

Kisah cinta Nabi dengan Sayyidah Khadijah memang memunculkan inspirasi mulia bagi umat Islam. Bagaimana tidak? Bahkan sepeninggal Khadijah, Nabi kerap menyebut-nyebut sosok dan jasanya atas hidup seorang Muhammad beserta dakwahnya. Dan Nabi pun memuji, melalui rahim Sayyidah Khadijah lah Nabi memiliki memiliki keturunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement