Jumat 11 Sep 2020 11:24 WIB

460 Relawan Uji Klinis Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Rencananya kalau semua memenuhi kriteria akan ada penambahan 212 subjek lagi.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas menyuntikan vaksin kepada relawan saat uji klinis Vaksin COVID-19, Bandung, Jawa Barat.
Foto: NOVRIAN ARBI/ANTARA FOTO
Petugas menyuntikan vaksin kepada relawan saat uji klinis Vaksin COVID-19, Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 460 relawan uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac telah selesai menerima dua kali suntik vaksin atau pun placebo. Selanjutnya, sekitar 212 subjek relawan akan kembali disuntik vaksin atau placebo jika memenuhi persyaratan klinis  dari tim penelitian vaksin Covid-19.

"Relawan yang sudah disuntik total 460, hari ini rencananya kalau semua memenuhi kriteria akan ada penambahan 212 subjek," ujar juru bicara Covid-19, Dr Rodman Tarigan saat dihubungi, Jumat (11/9).

Baca Juga

Ia mengungkapkan, pada tahap pertama apabila relawan yang disuntik sudah mencapai 540 orang maka akan dilakukan pemantauan imunogenitas. Sementara itu, sisa relawan akan ikut proses penyuntikan vaksin hingga tercapai sebanyak 1.620 orang. "Rencana penyuntikan diharapkan selesai bulan Oktober 2020. Untuk penilaian efikasi," ungkapnya.

Terkait dengan salah seorang relawan yang positif Covid-19 sehabis kembali dari luar kota, Rodman menyebutkan yang bersangkutan masih tetap dipantau selama penelitian hingga enam bulan ke depan. "Masih ikut dan diikuti sampai enam bulan ke depan," katanya.

Relawan yang ikut serta kegiatan uji klinis vaksin covid-19 berusia 19 hingga 59 tahun, berdomisili di Bandung dan sehat. Selain itu, mereka harus dinyatakan tidak terpapar virus corona atau Covid-19 saat akan di vaksin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement