Jumat 11 Sep 2020 09:36 WIB

Benamkan Rockets, Lakers Selangkah Lagi ke Final Wilayah NBA

Lakers mengalahkan Houston Rockets 110-100 pada gim keempat semifinal Wilayah Barat.

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah
Bintang Los Angeles Lakers LeBron James melepaskan dunk untuk memasukkan bola saat melawan Houston Rockets pada laga keempat playoff semifinal Wilayah Barat NBA, JUmat (11/9) WIB.
Foto: EPA-EFE/ERIK S. LESSER
Bintang Los Angeles Lakers LeBron James melepaskan dunk untuk memasukkan bola saat melawan Houston Rockets pada laga keempat playoff semifinal Wilayah Barat NBA, JUmat (11/9) WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Los Angeles Lakers hanya berjarak satu kemenangan lagi untuk tampil di final Wilayah Barat NBA. Ini Lakers setelah memimpin 3-1 atas Houston Rockets dalam play-off semifinal wilayah yang berformat the best of seven.

Lakers memetik kemenangan ketiganya pada Jumat (11/9) pagi WIB. Setelah memimpin hampir sepanjang pertandingan, Lakers menutup laga dengan skor 110-100 di Advent Health Arena, Orlando, Florida, AS. Tiket ke final wilayah bisa digenggam jika LeBron James dkk memenangkan gim kelima yang akan digelar Ahad (13/9) WIB.

Baca Juga

Lakers langsung mendominasi di awal laga dan bermain tenang dan benar-benar memanfaatkan waktu serang 24 detik. Tim asuhan Frank Vogel memimpin 26-22 pada akhir kuarter satu. Keunggulan Lakers makin melebar saat jeda separuh laga dengan skor 57-41. 

Lakers masih memimpin 86-70 akhir kuarter ketiga lewat permainan apik memanfaatkan kelemahan defense Rockets dalam mengantisipasi pergerakan dan alur bola. Lakers tampaknya akan menutup pertandingan dengan nyaman, tapi laga kemudian berubah menegangkan menjelang laga berakhir. Lima kali turn over yang dilakukan pemain Lakers membuat Rockets sempat mendekat 100-105 ketika waktu tersisa 58 detik.

Namun, kegagalan pemain Rockets memenangkan rebound saat tembakan pemain Lakers tak tepat sasaran harus dibayar mahal. Lakers mampu melesakkan tiga angka.

Saat berupaya mengejar dengan sisa waktu sedikit, para pemain Rockets malah membuat turn over yang diselesaikan dengan dunk oleh Lebron James. Peluang tipis Rockets untuk setidaknya memaksakan overtime melayang.

Keunggulan Lakers yang paling menonjol kali ini ada pada rebound. Total mereka membukukan 52 rebound, 12 di antaranya ofensif rebound. Sedangkan Rockets hanya mampu mengumpulkan 26 rebound, dengan hanya satu kali ofensif rebound. 

Tiga pemain Lakers mencetak double-double, Anthony Davis 29 poin, 12 rebound, LeBron James 16 poin, 15 rebound, plus 9 assist serta Rajon Rondo 11 poin, 10 rebound dan 8 assist. Alex Caruso menambahkan 16 poin, Danny Green dan Kentavious Caldwell-Pope sama-sama menyumbang 10 poin.

Russel Westbrook memimpin Rockets dengan 25 poin. James Harden membukukan double-double 21 poin dan 10 assist. Sementara Erick Gordon serta Austin Rivers masing-masing menyumbang 19 dan 14 angka.

Rockets harus memperbaiki defense jika ingin memperpanjang nafas. Tim asuhan Mike D'Antoni kerap kecolongan saat satu pemain membantu rekannya menjaga Davis dan Lebron yang coba merangsek masuk ke paint area. Dalam kondisi satu pemain di double team, Lakers selalu mampu meloloskan pemain tak terjaga di bawah ring atau dalam posisi menembak tanpa kawalan di area tiga angka.

Sementara di offense, D'Antoni mesti bisa mengkreasi alur serangan berbeda dibanding sebelumnya yang selalu bertumpu pada James Harden. Pergerakan pemain Rockets yang seolah hendak menyerang ring namun kemudian mengoperkan bola kembali ke luar juga sudah diantisipasi dengan cermat oleh Lakers. Andai gagal mencuri bola, Lakers bisa menjaga pemain Rockets tak leluasa melepaskan tembakan tiga angka tanpa kawalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement