Jumat 11 Sep 2020 05:55 WIB

Persija Angkat Sudirman Gantikan Sergio Farias

Sudirman sebelumnya berstatus sebagai asisten pelatih Persija.

Asisten pelatih Persija Jakarta, Sudirman diangkat menjadi pelatih kepala tim Macan Kemayoran setelah Sergio Farias pulang ke Brasil.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Asisten pelatih Persija Jakarta, Sudirman diangkat menjadi pelatih kepala tim Macan Kemayoran setelah Sergio Farias pulang ke Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajemen klub Persija Jakarta menunjuk asisten pelatih Sudirman untuk menggantikan Sergio Farias sebagai pelatih kepala tim utama mulai Kamis (10/9). Dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Kamis, Sudirman diserahkan mandat menjadi pelatih kepala karena dianggap berpengalaman dan memiliki kemampuan untuk posisi tersebut.

Sudirman pernah menjadi pelatih kepala Persija pada tahun 2019 ketika tim berjuluk Macan Kemayoran belum memiliki pelatih tetap sepeninggal Julio Banuelos. Ketika itu, dia membawa Persija menang 1-0 atas Barito Putera di Liga 1.

Baca Juga

Pria yang semasa aktif sebagai pemain berposisi sebagai bek itu dianggap sangat mengenal Persija karena sudah menjadi asisten pelatih saat Persija ditangani Benny Dollo. Sudirman juga sempat menduduki posisi asisten pelatih timnas Indonesia saat era kepemimpinnan Benny Dollo.

Pelatih berusia 51 tahun itu pun menyatakan siap mengemban tugas sebagai pelatih kepala Persija dalam lanjutan Liga 1 2020.

"Saya seorang yang profesional, saya siap menerima kepercayaan ini," kata kapten timnas Indonesia di Piala Asia 1996 tersebut.

Sudirman berjanji akan memberikan yang terbaik untuk Macan Kemayoran. Bagi Sudirman, Persija tim besar dengan sejarah yang juga besar. Ia berharap dapat menorehkan tinta emas bersama Persija. 

"Saya sudah mengenal baik para pemain. Tentunya saya juga akan tetap menjaga suasana kondusif dan kekeluargaan yang saat ini sudah ada dalam tim," kata dia.

Persija Jakarta memutuskan untuk menggunakan jasa pelatih kepala baru karena Sergio Farias kembali ke Brasil. Ia mengakhiri kerja samanya dengan tim Macan Kemayoran karena anaknya terinfeksi Covid-19. Selain itu, keponakan Farias juga meninggal akibat penyakit yang sama.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat. Tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran Covid-19. Persija memilih berkandang di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement