Jumat 11 Sep 2020 05:08 WIB

Vettel Nyaris Pensiun dari F1 Sebelum Dipinang Racing Point

Racing Point akan berganti nama menjadi Aston Martin di F1 musim depan.

Sebastian Vettel
Foto: EPA-EFE/Yoan Valat
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebastian Vettel mengatakan, ia nyaris memutuskan pensiun sebelum Racing Point menawarinya kesempatan untuk membalap di Formula 1 (F1) musim depan. Vettel menggantikan posisi Sergio Perez yang keluar akhir musim ini.

"Nyaris. Nyaris dalam hal memiliki banyak pikiran dan memutuskan apa yang pada akhirnya harus aku utamakan dalam hal itu, apa yang terbaik untukku," kata juara dunia empat kali itu jelang Grand Prix Tuscan di Sirkuit Mugello, seperti dikutip Reuters, Kamis (10/9).

Baca Juga

Ia menegaskan, yakin atas keputusannya sekarang. Vettel merasa bergabung dengan Racing Point, yang akan berganti nama menjadi Aston Martin mudim depan terbaik untuknya. Ia tak sabar membuktikan itu.

Vettel dikabari oleh Ferrari pada Mei lalu, mereka tidak akan memperpanjang kontraknya setelah musim yang terganjal pandemi berakhir. Tim pabrikan Italia itu memilih meminang Carlos Sainz dari tim McLaren.

Pada Juli, sang pembalap berusia 33 asal Jerman mengungkapkan jika ia mempertimbangkan untuk meninggalkan F1. Namun, tak lama beredar spekulasi Racing Point bakal menjadi pilihan tepat bagi Vettel.

Tim asal Silverstone itu saat ini berada di peringkat empat klasemen konstruktor menggunakan mobil yang memiliki desain mirip dengan mobil juara Mercedes tahun lalu. Adapun Ferrari melempem di peringkat enam berkat paket mobil yang tak kompetitif.

"Faktor kunci kedua bagiku adalah menjawab pertanyaan diriku sendiri apa yang ingin aku lakukan dan mengeluarkan diriku dari potensi masa depan di Formula 1," kata Vettel.

Vettel tidak merinci berapa durasi kontrak yang ia sepakati dengan Racing Point, namun tim itu menyatakan untuk 2021 dan setelahnya.

"Aku yakin tim ini memiliki potensi yang sangat besar. Ada beberapa orang yang sangat pintar dan baik di sana dan aku menantikan bisa membantu dan menunjukkan kualitas yang ada di sana dan dengan hasil tentunya," ujar Vettel.

Vettel telah kewalahan tampil di Ferrari sejak pembalap muda asal Monako Charles Leclerc tiba. Ia beberapa kali melakukan kesalahan sendiri dan terlihat tidak nyaman di balik kemudi.

Vettel saat ini berada di peringkat 13 klasemen pembalap dengan raihan hanya 16 poin di saat Ferrari mengalami salah satu penampilan terburuknya dengan mobil yang tak cukup kompetitif pada musim ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement