Kamis 10 Sep 2020 20:33 WIB

PSBB Total, Masjid Agung Al-Azhar Siap Tutup Layanan

Pengelola belum mendapatkan perintah dan masih menunggu instruksi resmi.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Muhammad Fakhruddin
PSBB Total, Masjid Agung Al-Azhar Siap Tutup Layanan (ilustrasi).
Foto: MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA
PSBB Total, Masjid Agung Al-Azhar Siap Tutup Layanan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Terkait penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total pada 14 September 2020, hingga hari ini (10/9) Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan masih membuka masjid untuk jamaah yang hendak beribadah. Jamaah masih diizinkan beribadah di masjid dengan protokol kesehatan.

Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, Iding mengatakan hingga Kamis (10/10) pengelola belum mendapatkan perintah dan masih menunggu instruksi resmi. “Menyikapi PSBB Total kami nungggu keputusan yayasan” ujar Iding ketika dikonfirmasi, Kamis (10/10) sore.

Dia mengatakan, pihak masjid siap menutup layanan apabila dari yayasan mengeluarkan instruksi resmi nantinya. Dalam akun sosial media Masjid Agung Al-Azhar juga belum ada pengumuman resmi mengenai kapan ditutupnya masjid berkapasitas 20.000 orang ini.

Berdasarkan keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan penutupan tempat ibadah harus dilakukan, sebagai konsekuensi dari menerapkan PSBB Total. Seperti yang pernah dilakukan pada Maret 2020.

Khusus untuk tempat ibadah, akan ada sedikit penyesuaian. Misalnya menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan tidak mengizinkan masjid-masjid di jalan raya untuk dibuka. Sebab, jamaah bisa datang dari lokasi yang berbeda-beda.

Namun, rumah ibadah di kampung atau kompleks yang digunakan oleh masyarakat setempat masih boleh buka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement