Kamis 10 Sep 2020 14:45 WIB

Indonesia-Belgia Tingkatkan Kerja Sama Pelabuhan

Transportasi dan logistik pelabuhan sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
KBRI Brussel bekerja sama dengan KADIN dan Benelux-Indonesia Association (BIA) menyelenggarakan Indonesia-Belgium Virtual Business and Investment Dialogue on Port Development pada Rabu (9/9)
Foto: KBRI Brussel
KBRI Brussel bekerja sama dengan KADIN dan Benelux-Indonesia Association (BIA) menyelenggarakan Indonesia-Belgium Virtual Business and Investment Dialogue on Port Development pada Rabu (9/9)

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS - Indonesia dan Belgia meningkatkan kerja sama pelabuhan. KBRI Brussel bekerja sama dengan KADIN dan Benelux-Indonesia Association (BIA) menyelenggarakan "Indonesia-Belgium Virtual Business and Investment Dialogue on Port Development" pada Rabu (9/9).

Beberapa tahun terakhir, Belgia menempati posisi ke-5 sebagai investor dari negara-negara Uni Eropa (UE) dengan mayoritas di sektor perkebunan dan industri pangan, yang tentunya juga sangat bergantung pada pelabuhan untuk proses distribusinya.

Baca Juga

   

"Saat ini merupakan momen yang tepat untuk menyelenggarakan Virtual Business and Investment Dialogue on Port Development karena sektor maritim terutama transportasi dan logistik merupakan salah satu prioritas dalam mendukung pemulihan ekonomi," ujar Sulaiman Syarif, Chargé d’Affaires KBRI Brussel dalam rilis pers yang diterima Republika.co.id, Kamis.

Selain mendorong peningkatan kerja sama infrastruktur dan SDM, Sulaiman juga menyampaikan betapa pentingnya menjajaki outbound investment Indonesia ke Belgia di bidang pelabuhan. Hal ini telah dilakukan kompetitor Indonesia untuk meningkatkan ekspornya.

Sementara itu, Direktur Port of Antwerp International (PoA) Stefan Cassimon mengatakan, di masa pandemi PoA telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung proses adaptasi. Di antaranya, yakni membentuk gugus tugas  dengan seluruh pihak terkait Pelabuhan, komunikasi yang transparan terkait kebijakan dan dampak Covid-19, internal dan eksternal campaign, dan penggunaan aplikasi Romeware untuk mendukung social distancing.

Dia juga sempat menyinggung menyoal kebijakan Uni Eropa The European Green Deal (EGD), yaitu upaya UE untuk mencapai target climate neutral pada 2050 dengan ekonomi yang lebih ‘hijau’.

"Kebijakan tersebut juga akan berpengaruh pada shipping sustainability yang lebih ramah lingkungan," ujarnya.  

KBRI Brussel mencatat sejumlah kerja sama erat yang telah terjalin antara Port of Antwerp dan Pelindo serta otoritas Pelabuhan lainnya di Indonesia. Setidaknya terdapat 430 personil otoritas Pelabuhan Indonesia yang pernah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Antwerp/Flanders Port Training Center (APEC).

Sejumlah pejabat terkait Indonesia juga pernah mengunjungi Port of Antwerp untuk saling bertukar informasi terkait manajemen Pelabuhan. Pada 2019, pihak Port of Antwerp juga mengunjungi Indonesia untuk menjajaki berbagai proyek kerja sama di sektor Pelabuhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement