Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Kenali Lima Diet Paling Populer di Dunia

Kamis 10 Sep 2020 13:15 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Diet (ilustrasi).

Diet (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Diet keto menempati posisi teratas sebagai yang paling populer di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berat badan berlebih erat kaitannya dengan beragam penyakit. Karena itu penting untuk menjaga berat badan tetap ideal dan sehat.

Ada berbagai metode yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari diet keto hingga puasa intermiten. Mengacu pada data Supplement Place, ada banyak jenis diet yang ada di dunia, tapi manakah metode yang benar-benar berhasil? Seperti dilansir di laman Express berikut lima metode untuk menurunkan berat badan paling populer.

1. Diet keto

Diet keto adalah diet paling populer di dunia dengan 2,1 juta pencarian global setiap bulan. Diet keto dilakukan dengan menerapkan pola makan rendah karbohidrat, memaksa tubuh Anda dalam keadaan ketosis. Ketosis terjadi ketika tubuh Anda tidak punya pilihan selain membakar lemak untuk energi, bukan karbohidrat.

Namun diet keto juga terlalu berisiko jika terlalu lama dipraktikkan dan dapat menyebabkan efek samping yang buruk seperti mual, peningkatan rasa lapar, kabut otak, dan kelelahan.

2. Weight watchers

Weight watchers atau biasa dikenal dengan WW adalah diet terpopuler kedua di dunia dengan 1,6 juta pencarian global setiap bulan. WW membantu Anda menurunkan berat badan dengan mempertimbangkan usia, berat badan, tinggi badan, dan jenis kelamin. Inti dari WW adalah membatasi kalori yang masuk ke tubuh terlepas dari sudah kenyang atau belum.  

3. Puasa intermiten

Puasa intermiten adalah diet terpopuler ketiga di dunia, dengan sekitar 1,1 juta penelusuran diet di seluruh dunia setiap bulan. Puasa intermiten adalah metode yang mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu, namun Anda masih dapat mengonsumsi minuman.

Beberapa orang menggunakan diet 5:2, yang mengharuskan Anda makan sekitar 500 kalori dalam dua hari setiap pekan. Sisa pekan ini Anda boleh makan dalam jumlah normal, tetapi harus sehat dan seimbang.

4. Slimming world

Diet slimming world berada di nomor empat, dengan 629 ribu pencarian secara global setiap bulannya. Diet ini pertama kali ada di Inggris yang berfokus pada konsumsi makanan sehat. Hal yang paling menarik dari slimming world adalah Anda kehilangan banyak berat badan tanpa mengukur atau menimbang makanan, atau menghitung kalori. Anda hanya perlu mengelompokan makanan dalam jumlah tertentu setiap hari.

5. Diet Dukan

Diet Dukan adalah diet terpopuler berikutnya dengan 535 ribu penelusuran diet secara global setiap bulannya. Diet Dukan adalah diet rendah karbohidrat berprotein tinggi yang dibuat oleh Pierre Dukan yang diharapkan dapat membantu setiap individu menurunkan banyak berat badan.

Namun, ini dianggap diet iseng karena memiliki risiko terhadap ginjal dan jantung. Faktanya, The British Dietetic Association mengatakan diet ini adalah jenis yang harus dihindari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA