Kamis 10 Sep 2020 06:23 WIB

Sambut Mahasiswa Baru, UBSI tak Kenal  Perpeloncoan

UBSI gelar Orientasi Akademik (ORMIK) dan Seminar Motivasi (SEMOT).

UBSI menggelar  Orientasi Akademik (ORMIK), 7-11 September 2020.
Foto: Dok UBSI
UBSI menggelar Orientasi Akademik (ORMIK), 7-11 September 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Pekan ini, seluruh mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) mengikuti Orientasi Akademik (ORMIK) dan Seminar Motivasi (SEMOT). 

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sejak awal berdiri tahun 1988, selalu mengisi masa perkenalan mahasiswa baru dengan kegiatan positif.

“Sejak awal menyelenggarakan perkuliahan, UBSI tidak pernah memberikan OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) yang sering ditemui di beberapa kampus dengan budaya senioritas dan perploncoan,” kata Wakil Rektor Non Akademik,  Bidang Kemahasiswaan kampus UBSI, Suharyanto, Rabu (9/9).

photo
Suasana Orientasi Akademik (Ormik) UBSI tahun kuliah 2020/2021, yang dilaksanakan secara online.  (Foto: Dok UBSI)

Ia menambahkan, kampus UBSI mempunyai cara tersendiri untuk menyambut mahasiswa baru dengan cara yang lebih edukatif, ceria, humanis, inspiratif dan  kreatif.  Salah satunya dengan mengadakan rangkaian acara Orientasi Akademik atau biasa dikenal ORMIK. Selain itu, UBSI membekali para mahasiswa baru dengan Seminar Motivasi (SEMOT).

 “ORMIK dan SEMOT bertujuan  mempermudah  mahasiswa  memahami sistem perkuliahan dan mampu untuk menjalani kuliah dengan baik dengan bekal motivasi yang memadai. Di sini mahasiswa dapat mengenal tentang sejarah kampus, sistem perkuliahan, organisasi mahasiswa yang ada, dan juga berbagai program yang menunjang karir mahasiswa ke depannya,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Kegiatan ORMIK dan SEMOT  tahun kuliah 2020/2021 dilaksanakan  serentak di 35 lokasi kampus UBSI yang tersebar di 16 kota di Indonesia, pada tanggal 7-11 September 2020.

Ia mengemukakan, karena saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19, maka kegiatan ORMIK dan SEMOT itu dilaksanakan secara online.

Kegiatan ORMIK diisi dengan materi pengenalan profil kampus, pengenalan sistem pembelajaran berbasis daring, peraturan kampus, administrasi akademik, dan kemahasiswaan 

“Kegiatan Ormik ini diadakan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan sistem pendidikan dan peraturan kemahasiswaan kampus UBSI,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ORMIK wajib diikuti oleh mahasiswa baru kampus UBSI untuk menanamkan rasa cinta terhadap kampus dan sebagai syarat untuk nilai mata kuliah Pendidikan Pancasila dan syarat menjadi pengurus organisasi mahasiswa (Ormawa)  ke  depannya.

photo
Suasana kegiatan Orientasi Akademik (Ormik) UBSI tahun kuliah 2020/2021, yang digelar secara daring.  (Foto: Dok UBSI)

Pada ORMIK  kali ini, mahasiswa juga dibekali dengan panduan untuk menggunakan LMS (Learning Management System) karena  saat ini semua perkuliahan masih dilaksanakan  secara daring.

Selain itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan fasilitas ruang mahasiswa untuk mengakses berbagai informasi seputar kuliah seperti jadwal perkuliahan, modul, nilai, dan sebagainya.  Setiap mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk aktif di organisasi kampus UBSI seperti HIMASA (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi) dan HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi).

“Setelah rangkaian acara Ormik, berikutnya mahasiwa baru diharuskan untuk mengikuti Seminar Motivasi (SEMOT),” ujarnya.

Selain itu, pada tanggal 21 -26 September 2020 akan diadakan Seminar Tematik, yang akan membahas secara detail tentang lembaga-lembaga penunjang yang ada di lingkungungan kampus UBSI.

“Tentunya Seminar Tematik ini berfungsi untuk menambah kompetensi dan minat dari masing-masing mahasiswa. Lembaga tersebut, antara lain: BCC (BSI Career Center), BEC (BSI Entrepreneur Center), BSC (BSI StarUp Center), BIC (BSI Inovation Center), LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), LBA (Lembaga Bahasa Asing), serta nanti akan dilakukan coaching prestasi kemahasiswaan, etika bermedia sosial, tips-trik jurnalis dan masih banyak lagi mater-materi lainnya, yang dapat menjadi pilihan mahasiswa baru selama kuliah kampus UBSI,” bebernya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement