Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Cara Marchella FP Tumbuhkan Ide Berkarya Bila Sudah Mandek

Rabu 09 Sep 2020 20:06 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Sebagai penulis, Marchella sering tiba-tiba mandek saat akan membuat tulisan (Foto: Marchella FP)

Sebagai penulis, Marchella sering tiba-tiba mandek saat akan membuat tulisan (Foto: Marchella FP)

Foto: Republika/Farah Noersativa
Sebagai penulis, Marchella sering tiba-tiba mandek saat akan membuat tulisan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama hidup, kita pasti pernah merasa stuck atau mandek ketika berkarya, belajar atau bekerja. Apalagi selama hampir 7 bulan belakangan, berbagai aktivitas dibatasi dan kita terpaksa melakukan semua hal dari rumah.

Penulis kenamaan Marchella Febritrisia Putri atau Marchella FP juga mengaku sering mengalami stuck ketika menulis atau menyelesaikan proyek lainnya. Pengarang buku best-seller Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini tersebut memiliki beberapa cara untuk mengatasi pikiran mandeg, salah satunya dengan menonton film.

"Kalau udah stuck nih, aku suka banget menonton film di rumah. Paling buka Netflix aja," kata Marchella dalam konferensi virtual Dove pada Rabu (9/9).

Selain menonton, ia juga kerap membaca buku-buku untuk menambah inspirasi kala pikiran mandeg. Hal unik lain yang biasa ia lakukan adalah mengurangi bicara dan memperbanyak mendengarkan.

Hal itu misalnya ia praktikkan ketika menggarap buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Menurut Marchella buku itu membutuhkan waktu hampir 2 tahun untuk riset, tahun 2017 melakukan riset pada diri sendiri lalu tahun 2018 melakukan riset pada orang lain di media sosial.

"Aku dengerin cerita orang, dengerin banyak sudut pandang. Aku gunain instagram stories, aku tukang mancingin pertanyaan aja. Misalnya, aku lempar pertanyaan apa kalimat terjahat yang pernah kalian terima?," ungkap Marchella.

Tak tanggung-tanggung, balasan yang ia terima dari follower bisa sampai 4.000 lebih. Pada akhirnya dari upaya "mendengarkan" itu, Marchella bisa mendapat inspirasi dan pandangan baru serta terbebas dari pikiran stuck.

"Makanya media sosial berguna banget buat aku. Utamanya dalam menyelesaikan buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini," jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA