Rabu 09 Sep 2020 14:16 WIB

Car Free Day di Sukabumi akan Dibuka Lagi

CFD di sejumlah titik Kota Sukabumi mulai Ahad (13/9).

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang anak bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor. ilustrasi
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Seorang anak bersepeda saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi akan kembali membuka car free day (CFD) di sejumlah titik Kota Sukabumi mulai Ahad (13/9). Sebelumnya car free day ditiadakan karena untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi saat momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Kota Sukabumi yang digelar dengan sederhana,  Rabu (9/9). Peringatan di tengah pandemi ini diharapkan tidak mengurangi semangat berolahraga dalam meningkatkan kesehatan dan imunitas warga.

Baca Juga

''Sebagai komitmen pemda, kalau selama ini lokasi olahraga di satu tempat yakni Lapangan Merdeka, maka mulai Minggu ini Car Free Day yang sebelumnya ditutup dibuka lagi,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Langkah ini dilalukan supaya tidak terjadi penumpukan aktivitas olahraga di Lapang Merdeka. Kawasan Car Free Day diperpanjang yakni di Jalan Ahmad Yani. Khusus untuk pecinta sepeda akan dibuka Car Free Day di salah satu ruas jalan di Jalan Lingkar Selatan yang akan dikoordinasikan dengan Pemprov Jabar.

Hal ini lanjut Fahmi, sebagai bukti komitmen semangat olahraga dengan tetap melaksanakan olahraga dengan protokol kesehatan.'' Namun olahraga harus menggunakan masker ketika istirahat dan mengobrol dan sangat disarankan setelah berolahraga,'' kata Fahmi.

Ketika olahraga boleh membuka masker namun setelahnya harus tetap digunakan.Upaya ini dengan tetap menjaga jarak fisik.

'' Hari ini 9 September adalah peringatan Haornas dalam kondisi Covid-19, namun harus ada semangat di tengah pandemi agar warga makin sehat dan imunitas makin baik,'' ujar Fahmi.

Tema Haornas tahun ini yakni Sport science, Sport Tourism, dan Sport Industry menunjukkan sejatinya olahraga sangat mempengaruhi berbagai lini sekror kehidupan. Dengan olahraga ungkap Fahmi, maka industri dan tourisme akan makin berkembang. Ia mengatakan, di tengah pandemi kota Sukabumi tetap menggalakan olahraga.

Ketu Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kota Sukabumi Indra Wigun menyambut baik rencana pemkot yang akan membuka kembali CFD dan memperluas hingga Jalan Ahmad Yani. '' Upaya ini makin membuka kesempatan bagi warga untuk memilih berolahraga di tempat yang sesuai pilihannya,'' imbuh dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement