Rabu 09 Sep 2020 10:58 WIB

Perkuat UMKM, Pertamina Beri Modal ke Mitra GrabKios

Perkuat UMKM, Pertamina Kasih Modal Usaha ke Mitra-mitra GrabKios

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Perkuat UMKM, Pertamina Kasih Modal Usaha ke Mitra-mitra GrabKios. (FOTO: Pertamina)
Perkuat UMKM, Pertamina Kasih Modal Usaha ke Mitra-mitra GrabKios. (FOTO: Pertamina)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Sejak 1993 hingga sekarang Pertamina tetap menyalurkan modal usaha untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya, membantu masyarakat tetap produktif dan mendapatkan penghasilan layak sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Vice President Corporate Communication, Fajriyah Usman menyampaikan, saat ini mitra binaan Pertamina sudah mencapai lebih dari 63 ribu UMKM. Banyak di antaranya yang naik kelas atau sudah mulai meningkatkan kemampuan skill-nya, baik dalam pengetahuan mengoptimalkan usaha hingga kemampuan beradaptasi dengan teknologi, terutama teknologi digital di masa pandemi.

Dalam mengimplementasikan program kemitraan, Pertamina membuka kerja sama dengan banyak pihak, di antaranya dengan Grab Indonesia untuk memberikan akses ke produk pinjaman usaha kecil dengan biaya rendah bagi mitra agen GrabKios.

Baca Juga: Saksikan Krisis 1998, Bos Pertamina Curhat: UMKM Penyelamat

Baca Juga: Kemenkop-UKM & Grab Target Gembleng 400 Ribu UMKM di Akhir Tahun

"Dalam kerja sama ini mitra agen GrabKios mendapatkan pemberian modal usaha dari Pertamina dengan jasa administrasi yang sangat rendah, yaitu 3% per tahun," ujar Fajriyah dalam keterangannya, Selasa (8/9/2020).

Head of GrabKios Grab Indonesia Nuruddin Al Fithroh berkata, "komitmen kami untuk mendukung UMKM semakin diperkuat dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pertamina."

Dengan memfasilitasi akses produk pinjaman ini, mitra GrabKios dapat terus beroperasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus menjaga mata pencahariannya dan menjalankan roda perekonomian.

Kerja sama ini juga sejalan dengan misi jangka panjang GrabForGood, untuk memberdayakan lebih banyak masyarakat Indonesia menjangkau sejumlah akses krusial ke teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital.

Dalam produk pinjaman ini, mitra GrabKios aktif yang sudah bergabung minimal enam bulan dan  memiliki rata-rata transaksi di atas Rp5 juta per bulannya dapat mengajukan permohonan pinjaman kepada Pertamina yang difasilitasi melalui GrabKios. Program pinjaman ini mengenakan jasa administrasi sebesar 3% per tahun serta masa pinjaman hingga 36 bulan.

"Kami percaya, situasi pandemi ini perlu kita tangani secara bergotong royong. Oleh karena itu, Grab turut ambil bagian dalam upaya ini agar bersama-sama kita bisa #TerusUsaha dan bangkit melalui kolaborasi dan inovasi teknologi untuk mendukung UMKM di Indonesia," ujar Nuruddin.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement