Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Bantu DKM, Dosen UBSI Gelar Pelatihan Pengunaan Zoom

Rabu 09 Sep 2020 09:47 WIB

Red: Irwan Kelana

Dosen UBSI menggelar pelatihan penggunaan Zoom untuk Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) TPQ Masjid Jami’Darul Hikmah Depok.

Dosen UBSI menggelar pelatihan penggunaan Zoom untuk Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) TPQ Masjid Jami’Darul Hikmah Depok.

Foto: Dok UBSI
Walau pandemi, syiar dakwah dari masjid harus jalan terus.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pandemi virus Covid-19 yang masih melanda Indonesia saat ini berakibat pada seluruh aktivitas masyarakat. Hal itu membuat pemerintah menerapkan aturan physical distancing. Karena hal ini, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) TPQ Masjid Jami’Darul Hikmah Depok yang memiliki program kerja di bidang dakwah,  juga terkena imbasnya. 

Mengakali hal tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat (PM) Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Sabtu (5/9). 

Mari Rahmawati selaku ketua  tim PM tersebut menuturkan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai bentuk pengamalan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 

“DKM TPQ Masjid Jami’Darul Hikmah ini sering melakukan dakwah keagamaan dan komunikasi umat. Sehingga dalam masa pandemi saat ini butuh penyesuaian baru agar dakwah tetap terlaksana melalui aplikasi Zoom. Kita pun inisiatif untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Zoom,” ujar Mari dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Dibantu oleh beberapa dosen dan mahasiswa, pelatihan ini memaparkan beberapa poin penting dalam penggunaan Zoom seperti menyiapkan schedule meeting yang meliputi, topik acara, deskripsi acara, tanggal acara, dan mengatur durasi meeting.

Wangsit Supeno selaku tutor menjelaskan Zoom memiliki fitur untuk mengubah background agar suasana meeting lebih menyenangkan sehingga harus dipersiapkan sebelum meeting dimulai. 

“Agar background dapat dipergunakan maka sebelumnya dilakukan penyetingan dengan membuka link zoom.us dan sign in menggunakan email saat mendaftar, kemudian klik Setting di sebelah kiri, kemudian temukan virtual background dan diaktifkan (on). Disarankan agar hasil virtual background gambarnya baik, maka bagian belakang tempat para nara sumber bicara berlatar belakang warna hijau,” tutur Wangsit. 

Wangsit menambahkan bahwa aplikasi Zoom Cloud Meeting merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengadakan pertemuan online, baik untuk pekerjaan maupun pengajaran serta keperluan sosial lainnya khususnya di masa pandemi Covid-19.

Abdul Wahid, salah satu pengurus DKM Masjid Darul Hikmah mengungkapkan, pelatihan yang diberikan sangat membantu dalam memenuhi program kerja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

“ Sosialisasi ini sangat efektif dan membuat syiar agama menjadi tetap terlaksanakan walaupun wabah pandemi masih ada. Selain itu, pelatihan yang diberikan juga sangat jelas dan detail sehingga mudah dipahami,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA