Rabu 09 Sep 2020 09:43 WIB

Puluhan Pendaki Diselamatkan dari Kebakaran Hutan Kalifornia

Para pendaki yang diselamatkan tersebut terjebak di pegunungan selama dua hari

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Seorang petugas pemadam kebakaran memerangi Creek Fire di komunitas Shaver Lake di Fresno County, California, pada hari Senin, 7 September 2020.
Foto: AP Photo/Noah Berger
Seorang petugas pemadam kebakaran memerangi Creek Fire di komunitas Shaver Lake di Fresno County, California, pada hari Senin, 7 September 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Tim penyelamat di Kalifornia telah mengangkut puluhan orang yang terperangkap oleh api besar di negara bagian tersebut. Para pendaki yang diselamatkan tersebut terjebak di pegunungan selama dua hari.

Upaya awal untuk menyelamatkan kelompok itu dihentikan pada Senin (7/9) malam karena asap dari Creek Fire. Namun, helikopter bisa mendarat pada Selasa (8/9) pagi dan mulai membawa para pendaki ke tempat aman.

Baca Juga

Pada Selasa pagi, Garda Nasional Kalifornia memulai upaya untuk menjangkau pejalan kaki dan orang-orang berkemah yang terperangkap oleh Api Sungai di Hutan Nasional Sierra. Sekitar 50 orang terpaksa berlindung di Vermilion Valley Resort pada Ahad (6/9).

Mulai pukul 03.15 waktu setempat, helikopter diberangkatkan untuk tiga penerbangan penyelamatan terpisah ke daerah tersebut. Foto-foto yang diposting oleh Vermilion Valley Resort menunjukkan para pendaki berbaris untuk naik helikopter yang menunggu.

Kolonel David Hall dari Garda Nasional Kalifornia mengatakan bahwa ada banyak orang yang masih berusaha untuk diselamatkan, dikutip di BBC pada Rabu (9/9). Upaya sebelumnya ditangguhkan pada Senin malam karena asap tebal. "Cuaca dan asap bekerja sama dengan kami sedikit lebih baik," kata Kolonel Hall.

Tak satu pun dari mereka yang masih terlantar saat ini berada di area bahaya kebakaran, kata dia, meski mereka mungkin berisiko jika api terus membesar.

Pada akhir pekan, 200 pendaki diselamatkan dari daerah tersebut. Api telah menghancurkan kota kecil Big Creek, menghancurkan setidaknya 20 rumah. Kebakaran di Kalifornia telah membakar seluas sekitar 800 ribu hektare dalam beberapa pekan terakhir.

Secara total, kobaran api ini lebih besar dari negara bagian Delaware AS. Kalifornia saat ini sedang mengalami gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Los Angeles County melaporkan suhu tertingginya 49,4 celcius pada Ahad. Suhu telah turun sejak saat itu, tetapi angin kencang diperkirakan akan mengipasi api hingga Rabu (9/9).

Creek Fire adalah yang terbesar. Kebakaran dimulai di Pegunungan Sierra, tempat wisata utama, timur laut Fresno pada Jumat. "Api telah membakar lebih dari 135 ribu hektare (Creek Fire) dan tidak ada yang dapat diatasi," kata kepala pemadam kebakaran Fresno Tony Escobedo pada Senin malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement