Rabu 09 Sep 2020 07:25 WIB

De Bruyne Sabet Penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris

De Bruyne menjadi pemain pertama City yang meraih penghargaan pemain terbaik PFA.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Playmaker Manchester City Kevin De Bruyne
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Playmaker Manchester City Kevin De Bruyne

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Manchester City Kevin de Bruyne terpilih sebagai pemain sepak bola terbaik Inggris versi Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA) pada Selasa (8/9) waktu setempat. Ia berhasil merebut penghargaan bergengsi itu untuk menggagalkan raihan tiga kali berturut-turut Liverpool. De Bruyne menjadi pemain pertama City yang meraih penghargaan PFA setelah mencetak 13 gol dan membuat rekor 20 assist musim lalu.

"Mungkin aneh bahwa saya yang pertama di City, melihat semua pemain bagus yang pernah bermain di sana sebelumnya dan yang masih bermain. Tapi senang bisa mewakili klub," katanya dikutip dari AP, Rabu (9/9).

Baca Juga

Pemain Belgia itu pun melimpahkan pujiannya untuk pelatih Manchester City Pep Guardiola karena telah memberinya kebebasan untuk menjadi kreatif. "Sebagian besar waktu, dia membiarkan saya menjadi saya," kata Bruyne tentang Guardiola.

Ia mengaku sering berbicara tentang tim dengan Guardiola, Menurut De Bruyne, dalam banyak hal, Guardiola tahu kapan memberi perintah yang harus dilakukan untuk tim dan ia akan mendengarkannya.

"Tapi di sisi lain, dia memberi saya banyak kebebasan. Saya tidak tahu mengapa, itulah yang terjadi di antara kami. Dia tahu di satu sisi saya akan selalu mengutamakan tim dan kemudian jelas jika saya bisa menahan diri, saya akan melakukannya," jelasnya.

Pemain Liverpool Virgil Van Dijk (2019) dan Mohamed Salah (2018) memenangkan penghargaan tersebut sebelumnya. Pemenang merupakan sosok pilihan oleh para pemain di liga papan atas. Walau Liverpool meraih gelar juara liga untuk kali pertama dalam 30 tahun, ternyata tak diikuti hat-trick pernghargaan pemain terbaik. Penghargaan tersebut justru jatuh ke pemain City yang menjadi runner up dengan selisih 18 poin.

Van Dijk masuk daftar lagi bersama rekan setimnya Sadio Mane, Jordan Henderson dan Trent Alexander-Arnold, yang dinobatkan sebagai pemain muda terbaik tahun ini. Walau tak meraih gelar pemain terbaik, para pemain Liverpool yang masuk nominasi terpilih ke dalam Tim Terbaik Tahun Ini. 

Tim Terbaik Liga Primer Inggris Tahun Ini

Nick Pope (Burnley): Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk (both Liverpool), Caglar Soyuncu (Leicester), Andrew Robertson (Liverpool), David Silva (Manchester City), Jordan Henderson (Liverpool), Kevin de Bruyne (Manchester City), Jamie Vardy (Leicester), Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal), Sadio Mane (Liverpool).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement