Rabu 09 Sep 2020 06:28 WIB

Inggris Ditahan Imbang, Southgate Belajar dari Eksperimen

Southgate menerapkan formasi 3-4-3 saat ditahan imbang Denmark tanpa gol.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengaku belajar banyak dari eksperimennya dalam skuat Three Lions. Southgate melakukan tiga perubahan pada susunan pemain dari yang ia turunkan saat melawan Islandia dan menerapkan formasi 3-4-3. Southgate memberi kesempatan kepada Conor Coady dan Kalvin Phillips untuk membuat debutnya. 

"Kami belajar banyak. Kami mencoba sistem baru yang lebih baik mengingat kami harus menghadapi 10 penarikan pemain karena berbagai alasan," kata Southgate dikutip dari Sky Sports. 

Baca Juga

Southgate menyatakan, ia ingin memulai permainan dengan stabilitas. Menurutnya, bisa saja Inggris bermain lebih menekan ke atas, namun mengingat tahapan pramusim di mana para pemain belum sepenuhnya dalam kondisi 100 persen membuat Southgate mengurungkan niatnya.

"Ini bukan laga di mana kami bisa menekan tinggi selama 90 menit," kata dia.

Ia menegaskan, Inggris perlu mengembangkan sistem melawan tim yang berkualitas lebih tinggi dari lawan-lawan sebelumnya. Sebab menghadapi lawan yang tak berstatus tim eliet, kata Southgate, formasi 4-3-3 bekerja sangat baik.

"Opsi bermain 4-3-3 malam ini tak akan bisa sepanjang 90 menit, jadi cara terbaik adalah menyegarkan tim, tapi juga mencari sesuatu yang berbeda," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement