Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

4 Makanan Ini tak Disarankan Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Rabu 09 Sep 2020 00:55 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Mengonsumsi makanan yang salah sebelum olahraga dapat merusak efektivitas latihan (Foto: ilustrasi olahraga)

Mengonsumsi makanan yang salah sebelum olahraga dapat merusak efektivitas latihan (Foto: ilustrasi olahraga)

Foto: Piqsels
Mengonsumsi makanan yang salah sebelum olahraga dapat merusak efektivitas latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berolahraga dengan perut kosong, Anda mungkin tidak memiliki cukup energi untuk berolahraga. Tetapi mengonsumsi makanan yang salah sebelum berolahraga juga dapat merusak efektivitas latihan fisik.

Menurut Direktur Studi Pascasarjana Ilmu Nutrisi di University of Missouri, Pam Bruzina, mengonsumsi makanan yang tidak tepat sebelum olahraga bisa berakibat lesu, membuat jantung berdebar lebih kencang dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum olahraga seperti dilansir dari laman Live Strong, Selasa (8/9).

Makanan Tinggi Protein
Makanan tinggi protein seperti steak jangan dimakan sebelum pergi ke gym. Meskipun makanan berprotein tinggi dapat mengenyangkan perut dan mencegah rasa lapar, namun terlalu banyak mengonsumsi makanan makro dapat menyebabkan pencernaan menjadi lambat. Mengonsumsi steak juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan ketika berolahraga.

“Mengonsumsi makanan yang hanya mengandung protein, berarti Anda akan kehilangan karbohidrat yang kaya energi dan memberikan energi melalui latihan yang berat,” kata Bruzina.

Baca Juga

Makanan Tinggi Lemak
Seperti halnya tinggi protein, makanan berlemak juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Itu berarti lemak bertahan di perut selama berjam-jam dan saat tubuh sibuk mencerna akan lebih banyak darah yang mengalir ke saluran pencernaan.

photo
(Ilustrasi olahraga fitnes) - (Flickr)
Akibatnya, lebih sedikit oksigen yang masuk ke otot Anda. Padahal otot menjadi elemen penting saat berolahraga. Intinya, sebelum berolahraga hindari makan burger, pizza, kacang-kacangan dan alpukat.

Makanan Berserat Tinggi
Kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran merupakan makanan kaya serat yang bermanfaat bagi jantung dan usus serta membantu menurunkan berat badan. Tetapi, semangkuk besar sup kacang hitam bisa menghalangi intensitas latihan Anda.

“Makanan berserat tinggi dapat menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal, menyebabkan kembung atau kram,” kata Bruzina.

Tapi jangan berhenti mengonsumsi makanan berserat bergizi dan memastikan kebutuhan serat harian yang cukup penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, wanita harus mengonsumsi 25 gram makanan berserat per hari sedangkan pria 38 gram.

Makanan Pedas
Satu lagi yang jangan dikonsumsi sebelum berolahraga adalah makanan pedas. Bruzina mengatakan bahwa makanan pedas dapat menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan, mulas atau refluks asam saat berolahraga.

Lalu apa yang harus dikonsumsi sebelum berolahraga? Bruzina menyarankan agar Anda mengonsumsi karbohidrat seperti makan roti, granola bar, sereal atau pasta. Makanan tersebut memungkinkan pencernaan Anda tetap baik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA