Selasa 08 Sep 2020 16:10 WIB

Salah Menuju Gol ke-100 untuk Liverpool di Awal Musim

Salah sudah mencetak 94 gol untuk the Reds.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang sayap Liverpool Mohammed Salah mengangkat trofi usai laga Piala Super UEFA di Stadion Vodafone Arena, Istanbul, Turki, Kamis (15/8) dini hari.
Foto: Murad Sezer/ Reuters
Penyerang sayap Liverpool Mohammed Salah mengangkat trofi usai laga Piala Super UEFA di Stadion Vodafone Arena, Istanbul, Turki, Kamis (15/8) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Mohamed Salah akan mengejar gol ke-100 untuk Liverpool di awal musim 2020-21. Pemain Mesir itu telah mencetak 94 gol dalam tiga tahun bersama klub Merseyside Merah sejak bergabung dari AS Roma pada 2017, dari 153 penampilan.

Tambahan enam gol lagi akan membuat Salah bergabung dengan kelompok elit pencetak gol dengan tiga digit selama mereka di Anfield.

Mengutip dari laman resmi klub, Selasa (8/9), hanya 16 pemain yang sebelumnya telah mencapai satu abad gol untuk The Reds, dengan Steven Gerrard yang terbaru. Ia melakukan pencapaian tersebut selama pertandingan Liga Champions 2008 dengan PSV Eindhoven.

Adapun orang pertama yang melakukannya dengan seragam Liverpool adalah Sam Raybould. Ia mengantongi 100 gol di bulan-bulan awal musim 1905-06, dan sejak itu menjadi teladan bagi banyak penyerang terbaik yang pernah mengenakan jersey itu.

Jack Balmer, John Barnes, Harry Chambers, Kenny Dalglish, Dick Forshaw, Robbie Fowler, Gordon Hodgson, Roger Hunt, Kevin Keegan, Billy Liddell, Michael Owen, Jack Parkinson, Ian Rush dan Ian St John mencapai titik penting antara Raybould dan Gerrard.

Setelah mencetak 44, 27 dan 23 dalam tiga musimnya sejauh ini, Salah kemungkinan besar akan menambahkan namanya ke daftar itu pada 2020-21. Dan tren memperkirakan dia akan bergabung dengan mereka dengan cukup cepat.

Penampilan terbanyak yang dibutuhkan pemain nomor 11 itu untuk mengumpulkan gol dalam satu musim adalah 13, selama 2018-19. Dalam masa debutnya, angka itu dicapai hanya dalam sembilan penampilan.

Jika Salah bisa mencetak enam gol dalam 11 pertandingan pertamanya di musim baru, ia akan mengeklaim tempat ketiga di peringkat pemain Liverpool dengan mencapai 100 gol dalam pertandingan paling sedikit.

Rekor sepanjang masa yang dipegang oleh Hunt (144 pertandingan) dan Parkinson (153) tidak dapat dikalahkan, tetapi pemain Mesir itu bisa unggul di depan Fowler dan Raybould (165).

Rekan satu tim Salah Roberto Firmino dan Sadio Mane juga semakin mendekati tiga digit gol untuk The Reds, dengan Firmino mengemas 78 gol dan yang Mane 81 gol. Tidak akan ada orang yang lebih bahagia daripada Jurgen Klopp jika ketiganya bisa meraih satu abad selama 2020-21.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement