Selasa 08 Sep 2020 16:40 WIB

Madinah Al Munawarrah di Masa Kini

Madinah Al Munawarrah di Masa Kini

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Madinah Al Munawarrah di Masa Kini. Foto: Kota Madinah Al Munawarrah
Foto: saudigazette
Madinah Al Munawarrah di Masa Kini. Foto: Kota Madinah Al Munawarrah

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Madinah Al Munawwarah memiliki tempat yang berharga di hati umat Islam. Karena warisan agama dan sejarahnya yang luar biasa dan ini adalah kota Nabi.

Dilansir di spa.gov.sa, Sabtu (5/9) karena status Islam, budaya, sejarah, dan sosial Madinah Al Munawwarah serta tempat-tempat dan bangunan Islam bersejarah yang terkait dengan biografi Nabi Muhammad, saw, Madinah mendapatkan perhatian, kepedulian, pengembangan dan pembangunan sepanjang sejarah.

Baca Juga

Masjid Suci Nabawi yang dibangun oleh Rasulullah SAW pada tahun pertama Hijrah, setelah datang ke Madinah hijrah dari Makkah, dengan panjang 30 meter dan lebar 35 meter, telah dilakukan pemugaran sekitar 10 kali berturut-turut yang terbesar terjadi selama era negara Saudi.

Perluasan Masjid Nabawi berlanjut dalam periode waktu yang berbeda dari negara-negara Islam berturut-turut. Masjid Suci Nabawi juga mendapat perhatian dan perhatian sejak penyatuan Kerajaan Arab Saudi oleh pendiri kerajaan Raja Abdulaziz bin Abdulrahman Al Saud dan putra-putranya.

Setelah dia mempersiapkan semua infrastruktur dan meluncurkan sejumlah proyek untuk memperluas area masjid dan menyediakan berbagai layanan yang diperlukan untuk Masjidil Haram beserta para jamaah dan pengunjungnya.

Selama pemerintahan almarhum Raja Abdulaziz, beberapa perbaikan dilakukan pada Masjid Suci Nabi. Pada 1365 H, pilar dan dinding sisi utara Masjid terlihat retak, oleh karena itu almarhum Raja Abdulaziz mengeluarkan perintah, setelah mempelajari proyek, untuk melakukan pekerjaan konstruksi dan memperluas Masjid.

Pada 1370 H, pembongkaran bangunan yang berdekatan dengan Masjid Suci Nabi dimulai. Pada tahun 1375 H, pekerjaan konstruksi dan perluasan pada masa pemerintahan Raja Saud bin Abdulaziz selesai, karena pembangunannya dilakukan dengan menggunakan beton bertulang, yang menghasilkan penambahan 6033 meter persegi persegi masjid.

Pada masa pemerintahan Raja Faisal bin Abdulaziz Al Saud dan dengan semakin banyaknya orang yang datang ke Masjid Nabawi, terutama pada musim haji, perluasan Masjid Nabawi menjadi perlu untuk menampung jumlah yang semakin meningkat tersebut. Raja Faisal mengeluarkan perintah untuk memperluas Masjid Nabawi, karena perluasan dilakukan di sisi barat Masjid hanya dengan menambahkan 35.000 meter persegi ke alun-alun Masjid.

Pada masa pemerintahan Raja Khalid bin Abdulaziz Al Saud, Souq Al-Qmashah terbakar pada tahun 1397 H, yang terletak di sisi barat daya Masjid Suci Nabi. Area Souq diratakan dan pemilik rumah dan properti diberi kompensasi. Areal seluas 43 ribu meter persegi ini, sebuah bujur sangkar yang luas dan teduh, ditambahkan ke dalam Masjid Nabawi dan sebagian diperuntukkan sebagai tempat parkir. Perluasan ini tidak termasuk Masjid itu sendiri.

Pada masa pemerintahan Raja Fahd bin Abdulaziz Al Saud, dia memerintahkan untuk menyediakan studi untuk perluasan besar Masjid Suci Nabi. Pada 1405 H, peletakan batu pondasi untuk proyek perluasan Masjid Nabawi. Proyek perluasan menampung lebih dari 257 ribu jamaah dalam total area 165.500 meter persegi setelah menyelesaikannya.

Perluasan tersebut termasuk membangun ruang bawah tanah untuk menampung AC, lemari es, dan layanan lainnya. Termasuk juga mengelilingi Masjid Nabawi dengan halaman seluas 23 ribu meter persegi, yang lantainya dilapisi marmer dan granit, sesuai bentuk geometris dalam berbagai model cantik Islami.

Seluas 135 ribumeter persegi halaman ini telah dialokasikan untuk sholat, untuk menampung 250 ribu hingga 400 ribu jamaah jika seluruh area alun-alun yang mengelilingi masjid digunakan. Ini membuat kapasitas seluruh Masjid dan halaman sekitarnya lebih dari 650 ribu jamaah, mencapai satu juta jamaah pada waktu puncak.

Pada masa pemerintahan Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, proyek perluasan Masjid Nabawi terbesar sepanjang sejarah diluncurkan, selain proyek payung di Masjid Suci Nabawi. Kapasitas Masjid Suci Nabawi akan mencapai dua juta jamaah pada akhir proyek. Kemudian raja memerintahkanuntuk membuat dan memasang payung yang sejajar dengan pilar-pilar alun-alun Masjid Nabawi yang berjumlah 250 buah payung.

Payung-payung ini mencakup area seluas 143 ribu meter persegi yang mengelilingi empat sudut masjid, di mana lebih dari 800 jamaah dapat beribadah di bawah salah satu payung ini. Sebagai bagian dari proyek payung, 436 kipas kabut telah dipasang pada 250 payung yang menutupi berbagai alun-alun Masjid Nabawi, yang memiliki luas sekitar 175.500 meter persegi dan menampung sekitar 251 ribu jamaah.

Perhatian terhadap Dua Masjid Suci dan para pengunjungnya terus berlanjut di era yang makmur ini di bawah kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Penjaga Dua Masjid Suci menegaskan di setiap forum pentingnya dan keteguhan untuk terus mengerjakan proyek ekspansi besar di Dua Masjid Suci untuk melayani Islam dan Muslim di samping menyediakan semua sarana untuk melayani jamaah, pelaku umrah dan pengunjung menggunakan sistem yang terintegrasi pekerjaan dan koordinasi langsung antara berbagai entitas terkait.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud menyetujui untuk mulai melaksanakan proyek pengembangan dan modernisasi operasional dan teknis dari sistem suara, sistem arus cahaya dan sistem elektromekanis di Masjid Suci Nabawi dan halamannya sesuai dengan teknologi terbaru yang tersedia secara global.

Raja juga menyetujui pengembangan sistem suara, AC dan kontrol otomatis dalam proyek Masjid Nabawi, selain mengembangkan tempat parkir dan gedung layanan.

Masjid Suci Nabawi juga merupakan bagian penting dari Visi Kerajaan 2030 yang disajikan oleh Yang Mulia Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz, Putra Mahkota, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, yang bertujuan untuk membangun Dua Masjid Suci dan meningkatkan semua layanan dan mengatasi segala kesulitan, sehingga para peziarah, pelaku umrah dan pengunjung menemukan segala cara untuk membantu mereka melaksanakan ritualnya.

Madinah Al Munawwarah memiliki banyak tempat religius dan bersejarah, yang menjadi indikasi kebesaran kota ini dan hubungannya dengan biografi dan kehidupan Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah Masjid Quba yang berada di barat daya Madinah.

Perluasan Masjid Quba berlanjut, hingga era Saudi di mana ekspansi terbesar terjadi, untuk menampung lebih dari 20 ribu jamaah, di mana bagian utara masjid diperuntukkan bagi wanita dengan kapasitas lebih dari 7.000 jamaah. Salah satu landmark terpenting bagi peziarah dan pengunjung yang datang ke Madinah adalah Tujuh Masjid.

Madinah Al-Munawwarah dikenal karena banyak gunung dan lembahnya, yang terkait dengan biografi Nabi Muhammad SAW. Di antara yang paling penting dari gunung-gunung ini adalah Gunung Uhud dan di sebelahnya adalah Syuhada (Syuhada) Makam Uhud, yang meliputi kuburan 70 orang syahid para Sahabat (Para Sahabat Nabi Muhammad) yang menjadi korban selama Pertempuran Uhud. Gunung ini merupakan tengara penting dalam biografi Nabi dan sejarah Islam.

Di antara lereng pegunungan Madinah ada lembah-lembah yang dilalui Nabi. Lembah-lembah ini menjadi saksi peradaban kuno yang menetap di Madinah atau melewatinya, karena beberapa peradaban ini disebutkan dalam biografi Nabi Muhammad SAW, atau ditemukan pada zaman ini melalui prasasti dan gambar yang muncul di bebatuan sebagai tanda-tanda makhluk yang hidup di tanah Jazirah Arab pada era sebelum dan sesudah Islam.

Wadi Al-Aqeeq atau (Lembah Terberkati) dianggap sebagai salah satu lembah terpenting dari lembah ini, seperti yang disebutkan dalam banyak hadits yang menunjukkan keutamaan dan keindahan alamnya, di mana Nabi Muhammad SAW, menggunakan untuk pergi keluar menikmati udara dan cuacanya yang bagus.

Sejajarkan Islam dengan Virus, Asisten Jaksa Ini Dipecat

AUSTIN--Seorang asisten jaksa agung Divisi Penuntutan Kriminal Texas, Nick Moutos dipecat usai laporan sebuah media nasional yang merinci postingan media sosialnya, yang mendukung kekerasan terhadap pengnnjng rasa Black Lives Matters, menyamakan Islam dengan virus dan menolak membela hak kaum LGBT sebagai upaya menormalkan penyimpangan.

Laporan Media Matters for America, pengawas media liberal, juga menyoroti dukungan Nick Moutos untuk teori di balik QAnon, yang melihat Presiden Donald Trump sebagai pahlawan utama dalam perang melawan pedofil setan yang diam-diam mengatur pemerintahan.

Seorang juru bicara agensi mengkonfirmasi bahwa Moutos tidak lagi dipekerjakan oleh Jaksa Agung Ken Paxton sejak Kamis (3/9),  tetapi menolak untuk membahas masalah tersebut lebih lanjut. Moutos juga menulis dalam posting Twitternya pada Kamis malam, "pengawasan media cukup untuk membuat saya kehilangan pekerjaan saya," cuit Moutos yang dikutip di Stripes, Ahad (6/9).

"Berbicara menentang #ChinaVirus #Plandemic & #Democrats menggunakannya untuk mencuri #Election2020 membuat orang marah," tambahnya, mengacu pada teori konspirasi yang melihat pandemi COVID-19 sebagai bagian dari skema untuk mendapatkan keuntungan dan kendali.

Moutos telah tweeted bahwa Amerika berada di tengah-tengah perang saudara kedua dengan "globalis," aktivis Demokrat dan Black Lives Matter di satu sisi dan patriot mendukung hak senjata di sisi lain. Para patriot itu membeli lebih dari 1,7 juta senjata pada bulan Mei, dia memperingatkan, dan beberapa tweetnya menyertakan tagar NoWarningShots.

Setelah mantan Presiden Barack Obama mendukung mereka yang memprotes kekerasan polisi yang ditujukan terhadap orang kulit hitam Amerika, Moutos menanggapi dengan menyebut Obama pengkhianat dan menambahkan, "Saya berdoa untuk bertemu dengan Anda di # CivilWar2 #Battlefield."

Meskipun tweetnya tentang pengunjuk rasa telah memasukkan tagar seperti PlentyOfAmmo dan TargetOfOpportunity, Moutos membantah bahwa dia mendukung kekerasan. Dalam tweet yang dikirim Kamis malam, dia mengatakan bahwa dia justru "menyerukan untuk menggunakan otoritas penuh hukum dan membela diri Anda dan keluarga Anda!"

Moutos adalah kandidat Partai Republik yang gagal untuk Kongres awal tahun ini, berada di urutan ketiga dalam pemilihan pendahuluan tiga arah untuk menghadapi Perwakilan Demokrat AS Lloyd Doggett.

Itu adalah pencalonan pertamanya untuk jabatan, menurut situs kampanyenya, yang mencatat bahwa Moutos bergabung dengan Divisi Penuntutan Kriminal pada April 2017 setelah dua tahun sebagai wakil jaksa wilayah di Arizona.

Tugas enam tahun di Angkatan Laut dimulai pada 1986 dan termasuk layanan di kapal perang USS Wisconsin selama Desert Storm, setelah itu Moutos terus bertugas di Angkatan Laut dan Cadangan Angkatan Darat, naik ke pangkat kapten, kata biografi kampanyenya.

Situs web tersebut mengatakan kampanye Moutos diilhami oleh dampak dari keputusan Mahkamah Agung 1962 yang melarang doa terorganisir di sekolah-sekolah umum, mengatakan itu menyebabkan Tuhan "secara sistematis dihapus dari masyarakat" dalam serangan terhadap moralitas yang menghancurkan keluarga, terutama wanita dan anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement