Selasa 08 Sep 2020 15:52 WIB

KPU Sebut Seorang Cawabup Sidoarjo Terkonfirmasi Covid-19

KPU Sebut Seorang Cawabup Sidoarjo Terkonfirmasi Covid-19

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
.
.

jatimnow.com - Seorang calon wakil bupati (cawabup) di Kabupaten Sidoarjo terkonfirmasi positif Covid-19. Cawabup itu diketahui terpapar Virus Corona saat verifikasi dokumen yang dilakukan KPU Kabupaten Sidoarjo.

Ketua KPU Sidoarjo Mukhammad Iskak membenarkan satu cawabup yang mendaftar tersebut terpapar Covid-19.

"Satu orang tersebut merupakan bakal calon posisi sebagai calon wakil bupati. Tahunya positif setelah petugas melakukan verifikasi administrasi, sesuai hasil swab yang bersangkutan positif," kata Iskak, Selasa (8/9/2020).

Petugas KPU Kabupaten Sidoarjo kemudian meminta calon cawabup tersebut untuk meninggalkan lokasi KPU setelah berkomunikasi dengan penghubung pasangan calon.

"Setelah diketahui sesudah verifikasi, oleh petugas yang bersangkutan diminta untuk segera meninggalkan KPU," jelasnya.

Iskak tidak menyebut orang positif corona itu yang saat ini posisinya sebagai calon wakil bupati kota udang tersebut.

"Tidak etislah sebut nama," bebernya.

Status terpapar Virus Corona, lanjut Iskak, tidak menggugurkan syarat calon. Namun, cawabup tersebut diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan belum bisa melanjutkan tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan.

"Karena sifatnya satu paket, maka bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut belum melanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan," papar dia.

Menurutnya, calon bupati (cabup) dan cawabup tersebut bisa melakukan tahapan selanjutnya setelah hasil uji swab menunjukkan negatif.

"Hal tersebut tidak mempengaruhi tahapan pemilihan kepala daerah di Sidoarjo karena masih ada dua pasang calon lainnya yang tidak terpapar Virus Corona," pungkasnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement