Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Satu Bakal Calon Kepala Daerah Sidoarjo Positif Covid-19

Selasa 08 Sep 2020 13:00 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yudha Manggala P Putra

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Bakal calon kepala daerah di Sidoarjo positif setelah tes swab di RSUD dr. Soetomo.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum Sidoarjo M. Iskak mengungkapkan adanya kontestan pendaftar Pilkada serentak di daerah setempat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bakal calon tersebut diketahui positif Covid-19 sbboñññjiññtelah menjalani tes swab di RSUD dr. Soetomo pada Senin (7/9).

Iskak enggan menyebutkan identitas secara rinci. Namun, kata dia, yang positif Covid-19 tersebut merupakan bakal calon Wakil Bupati Sidoarjo.

"Identitas detail, kami kan terikat dengan Undang-Undang, terkait dengan informasi yang dikecualikan untuk daftar atau riwayat itu memang kami tidak boleh untuk membuka. Juga tidak boleh menyebutkan nama kan," ujar Iskak dikonfirmasi Selasa (8/9).

Iskak melanjutkan, setelah diketahui adanya bakal calon yang positif Covid-19, langkah selanjutnya adalah menyampaikan kepada masyarakat terkait informasi tersebut. Selanjutnya, KPU Sidoarjo melakukan komunikasi kepada bakal calon maupun partai politik pengusung agar yang bersangkutan melakukan isolasi selama 10 hingga 11 hari.

"Setelah itu, maka kami akan melakukan swab ulang. Kalau hasil menjadi negatif. Baru pemeriksaan kesehatan kami bisa lanjutkan," ujar Iskak.

Jika pada tes swab kedua yang bersangkutan masih positif Covid-19, pemeriksaan kesehatan lanjutan akan kembali ditunda hingga hasilnya benar-benar negatif.

"Makanya nanti memungkinkan ada tahapan dua yang berbeda. Satu tahapan normal yang dilakukan oleh dua pasangan calon. Dan satu tahapan yang khusus dibuat untuk yang salah satunya terindikasi positif," kata dia.

Iskak menegaskan, KPU Sidoarjo setiap setelah menggelar kegiatan selalu melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Terkait adanya bakal calon yang positif Covid-19, KPU Sidoarjo akan melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Pasca-ini yang harus dilakukan KPUD apa. Misal besok atau lusa kami semua akan melakukan rapid atau swab massal. Untuk memastikan bahwa kesehatan teman-teman di KPU ini terjamin," kata dia.

Seperti diketahui, kontestasi Pilbup Sidoarjo 2020 akan diikuti tiga pasangan calon. Yakni pasangan Ahmad Muhdlor Ali-Subandi, pasangan calon Bambang Haryo Soekartono-Taufiqulbar, dan pasangan calon Aprilianto-Dwi Astutik.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA