Selasa 08 Sep 2020 10:54 WIB

Nadiem Kenang Malik Fadjar Sebagai Tokoh Menginspiriasi

Malik Fadjar sosok yang memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran bagi kita semua.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Prof Abdul Malik Fadjar
Foto: ANTARA/Ali Anwar/
Prof Abdul Malik Fadjar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim turut berduka atas meninggalnya tokoh Muhammadiyah Prof Abdul Malik Fadjar Senin (7/9). Nadiem menilai Malik Fadjar adalah tokoh yang memberikan banyak inspirasi.

"Beliau adalah sosok yang memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran bagi kita semua, termasuk tentang pendekatan humanis, demokratis, dan memberikan kebebasan hak asasi manusia dalam pendidikan," kata Nadiem, Selasa (8/9).

Baca Juga

Ia mewakili keluarga besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan menteri agama dan menteri pendidikan nasional tersebut. Ia berharap agar segala amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. "Selamat jalan pahlawan dan guru bangsa," ujar Nadiem.

Abdul Malik Fadjar meninggal dalam usia 81 tahun. Tokoh kelahiran Yogyakarta, 22 Februari 1939 ini telah malang melintang di pemerintahan, khususnya sejak Era Reformasi. Ia pernah menjabat sebagai menteri agama pada era Presiden BJ Habibie dan Mendiknas pada tahun 2001-2004. Pada tahun 2015 dan 2019 ia juga menjadi dewan pertimbangan presiden RI.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement