Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Kesuksesan Raditya Dika Dimulai dari Menulis

Senin 07 Sep 2020 21:45 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Hobi menulis membawa Raditya Dika meraup untung dari bisnis yang digeluti (Foto: Raditya Dika)

Hobi menulis membawa Raditya Dika meraup untung dari bisnis yang digeluti (Foto: Raditya Dika)

Foto: Wilda Fizriyani/Republika
Hobi menulis membawa Raditya Dika meraup untung dari bisnis yang digeluti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital, semakin banyak anak muda yang memilih menjalankan bisnis sendiri. Konsep memulai bisnis sendiri ini dapat menjadi hal yang menyenangkan dan memberikan pengalaman baru, tetapi pada praktiknya juga bisa memunculkan berbagai persoalan jika tidak dibarengi dengan kreativitas dan ketekunan dari para pemilik bisnis.

Sebuah bisnis tak melulu sebatas soal menghasilkan barang yang bisa dikonsumsi. Jika seseorang berminat terjun ke sebuah bisnis bisa dimulai dengan mengembangkan hobi dan kegemaran.

Salah satu contoh bisnis yang berkembang karena hobi dan kegemaran adalah seperti yang dijalankan oleh Creativepreneur, Raditya Dika. Hobi menulis membawa dirinya meraup untung dari bisnis yang digeluti. Ia bahkan berhasil melebarkan sayap menjadi seorang content creator hingga komedian karena kreativitas yang dimilikinya.

"Hobi saya emang menulis, awalnya saya bikin blog, nulis cerita-cerita ringan dan itu terus berlanjut dan berkembang," kata dia.

Radit mengatakan, setiap karya-karyanya selalu berangkat dari berbagai kegelisahan yang dia rasakan. Kegelisahan itu kemudian berhasil dia olah menjadi sebuah karya kreatif.

"Dalam proses menjadi creativeprenuer saya mulai dari yang hal-hal dimana saya ketika itu sedang gelisah. Saya setiap mau nulis selalu berawal dari kegelisahan,” ucap Raditya dalam keterangan tertulis yang diterima republika.co.id pada Senin (7/9).

Menurut dia, setiap karya yang berangkat dari kegelisahan akan menghasilkan materi dan gagasan yang kuat. Baik itu materi untuk menulis atau stand up comedy.

Selain itu, menurut Radit, konsistensi dan selalu mengasah skill juga penting dilakukan agar karya yang dihasilkan berkualitas dan mendapat respon positif dari masyarakat.

“Intinya terus aja mencoba, terus berkarya, tekuni hal-hal yang kalian minati dengan serius," kata Radit.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA