Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

UI Tetap Berlakukan PJJ pada Tahun Ajaran Baru

Senin 07 Sep 2020 20:46 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D.

Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D.

Foto: istimewa
Semester baru di UI akan dimulai 14 September 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) sudah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejak Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Pada semester baru yang akan dimulai 14 September 2020, pilihannya tetap sama karena situasi pandemi belum berlalu.

Metode pembelajaran secara daring ditujukan untuk mata kuliah teori, Adapun untuk praktikum tetap dilakukan dalam bentuk praktik, seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, dengan terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik tersebut menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi Covid-19.

Bagi mahasiswa baru angkatan 2020, kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UI (PKKMB) akan berlangsung secara virtual mulai 7 September-11 September 2020. Pembukaan kegiatan PKKMB dapat diakses pada laman http://bit.ly/PembukaanPKKMBUI2020.

"Selamat datang dan selamat bergabung di kampus yang menjadi impian anak-anak Indonesia. Salah satu harapan Anda semua kini sudah terwujud. Bukan hanya dengan tekad dan keyakinan, tetapi Anda sudah membuktikan usaha dan upaya yang kuat dan benar. Kami harap mimpi Anda jangan berhenti sampai masuk UI saja, melainkan Anda harus mempersiapkan diri untuk bisa menjadi SDM yang unggul dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa," ujar Rektor UI, Prof Ari Kuncoro, SE, MA, PhD dalam siaran persnya, Senin (7/9).

Ari melanjutkan, para mahasiswa baru harus tetap optimistis karena di tangan para mahasiswa, Indonesia telah dijanjikan kemajuan. "UI akan mendukung, menguatkan, mendampingi perjalanan studi kalian semua, baik mewujudkan impian kalian sebagai individu ataupun menjadi bagian dari kemajuan negeri. Selamat berkiprah dalam bidang keilmuan kalian," terang Ari.

Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Dr Rosari Saleh juga menyambut para mahasiswa baru dari Sabang sampai Merauke dengan semangat yang berbeda, angkatan spesial 2020 di masa pandemi Covid-19.

"Kalian telah menempuh segala rintangan dan tantangan untuk bisa lulus dan menjadi mahasiswa baru UI karena pandemi melanda dunia. Pada kalian, bertumpu banyak harapan untuk Indonesia lebih baik di masa mendatang. Bukan hanya generasi cerdas, tetapi juga bernurani. Sambutan hangat dari 60 tokoh dari berbagai profesi, kalangan, maupun 17 paparan narasumber kompeten dan mumpuni telah UI persiapkan untuk dapat memotivasi kalian di dalam menempuh perkuliahan," jelas Rosari.

Bagi mahasiswa UI yang telah menuntaskan perkuliahannya, telah dapat mendaftarkan diri pada kegiatan Wisuda Online UI 2020. Pelaksanaan wisuda akan dilakukan secara daring pada 16-17 Oktober 2020. Pendaftaran wisuda dilakukan mulai 3-15 September 2020, secara daring pada laman ui.id/wisuda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA