Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Suu Kyi Batalkan Kampanye Pemilu Karena Pandemi Covid-19

Senin 07 Sep 2020 20:00 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi

Foto: Athit Perawongmetha/Pool Photo via AP
Myanmar laporkan kasus harian Covid-19 terbesar sejak Maret

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi mengundurkan diri dari kampanye pemilu pertama pada Senin (7/9), dengan alasan pandemi virus corona yang semakin memburuk. Myanmar melaporkan 100 kasus baru virus corona pada Ahad (6/9) yang menjadi kasus harian terbesar sejak Maret.

Suu Kyi dijadwalkan melakukan kampanye di Yangon pada Selasa (8/9), yang menjadi basis kantong suaranya jelang pemilu pada 8 November mendatang. Suu Kyi mengatakan dalam siaran langsung di akun Facebooknya bahwa menteri kesehatan Myanmar telah memberikan saran agar dia membatalkan kampanye pertama tersebut.

"Saat ini Kementerian Kesehatan adalah yang paling mengerti situasinya. Kita harus mengikuti instruksi kementerian," ujar Suu Kyi.

Baca Juga

Myanmar mencatat nol kasus baru virus corona secara lokal hingga pertengahan Agustus. Namun tak lama kemudian pihak berwenang melaporkan ada kasus virus corona di negara bagian Rakhine. Sejak itu, jumlah kasus meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 1.464 infeksi dan delapan kematian.

Minggu lalu, seorang anggota staf di kediaman Suu Kyi di Yangon dinyatakan positif terkena virus. Suu Kyi mengatakan bahwa dia merasa prihatin mendengar tentang infeksi itu. Para dokter mengatakan mereka takut akan wabah besar di negara dengan sistem kesehatan yang melemah setelah puluhan tahun diabaikan di bawah pemerintahan junta militer yang dulu berkuasa. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA