Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tips Gunakan Tabir Surya Sebelum Olahraga

Senin 07 Sep 2020 18:09 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Penting mengaplikasikan tabir surya sebelum berolahraga 'outdoor' (Foto: ilustrasi olahraga outdoor)

Penting mengaplikasikan tabir surya sebelum berolahraga 'outdoor' (Foto: ilustrasi olahraga outdoor)

Foto: Flickr
Penting mengaplikasikan tabir surya sebelum berolahraga 'outdoor'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga di luar ruangan sangat baik untuk kesehatan dan meningkatkan imunitas. Namun karena Covid-19 masih mengancam, penting untuk tetap menjaga jarak, memakai masker atau face shield jika berada di kerumunan dan rutin mengaplikasikan penyanitasi tangan.

Kegiatan olahraga outdoor juga harus berhadapan dengan paparan sinar ultra violet (UV) dari matahari. Meski sinar UV memberi manfaat bagi kulit, namun jika waktu dan durasi paparan tidak tepat, itu bisa berkontribusi pada penuaan hingga kanker kulit.

Baca Juga

Karena itulah, penting mengaplikasikan tabir surya sebelum berolahraga outdoor. Dokter Spesialis Kulit, dr Inneke Jane, mengatakan bahwa tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit.

Lalu bagaimana cara memilih dan menggunakan tabir surya secara tepat agar kulit terlindungi secara maksimal? Berikut uraiannya, dikutip republika.co.id, Senin (7/9).

1. Pilih tabir surya broadspectrum

Inneke menjelaskan, tabir surya broad spectrum artinya memiliki kandungan sun protection factor (SPF) dan protection grade of UV A (PA). Kedua kandungan itu penting apalagi PA yang memberikan perlindungan kulit terhadap radiasi UV A.

“Jadi semakin banyak tanda plus pada PA menunjukkan semakin tinggi perlindungannya,” kata Inneke dalam diskusi yang disiarkan dalam Live Instagram Nivea Indonesia pada Ahad (6/9).

2. Pilih tabir surya minimal SPF 30

Untuk melindungi kulit secara maksimal ketika berolahraga di outdoor, kandungan SPF-nya minimal 30. Itupun untuk olahraga yang dilakukan di bawah jam 9 pagi, jika lebih ia menganjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 50 karena indeks ultra violetnya juga semakin tinggi.

3. Gunakan tabir surya water resistance

Berolahraga di luar ruangan tentu memicu keringat dalam jumlah yang banyak. Karena itulah penggunaan tabir surya yang water resistance penting agar manfaat tabir surya tidak mudah hilang.

“Kalau semisal lari, saya pilih yang paling likuid karena semakin nyaman di kulit. Tabir surya yang konsistensinya kental itu malah bikin keringat buntet karena si keringat ketutup sama tabir surya,” kata Inneke.

4. Aplikasikan secara berkala

Bagi kalian yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk berolahraga di luar ruangan, penting untuk mengaplikasikan tabir surya secara berkala.

“Di apply setiap 3 atau 4 jam sekali, dan pastikan kita lap dulu keringatnya. Jadi pas sunscreen diaplikasikan manfaatnya bisa maksimal ke kulit,” jelas Inneke.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA