Senin 07 Sep 2020 06:13 WIB

Ansu Fati Pecahkan Rekor Pencetak Gol Termuda Spanyol

Fati berusia 17 tahun 311 hari saat mencetak gol ketiga Spanyol ke gawang Ukraina.

Penyerang timnas Spanyol, Ansu Fati.
Foto: EPA-EFE/Emilio Naranjo
Penyerang timnas Spanyol, Ansu Fati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Striker timnas Spanyol Ansu Fati (17) menjadi pencetak gol paling muda sepanjang masa negara itu setelah menjaringkan bola ke gawang Ukraina pada babak pertama laga UEFA Nations League di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Senin (7/9) dini hari WIB.

Fati berusia 17 tahun 311 hari saat mencetak gol ketiga Spanyol ke gawang Ukraina dalam laga yang berakhir dengan skor 4-0. Ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-32. Sebelumnya, aksi Fati membuat Spanyol mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi sempurna oleh Sergio Ramos untuk membuka skor pada menit ketiga.

Baca Juga

Fati meruntuhkan rekor mendiang Juan Errazquin sebagai pemain termuda yang menyumbang gol untuk Spanyol. Saat itu, Errazquin mencetak gol pertamanya untuk timnas Spanyol ketika melawan Swiss pada 1925, dalam usia 18 tahun 344 hari. Rekor ini sudah 95 tahun tak terpecahkan siapa pun. 

Tahun lalu Fati sudah menjadi pencetak gol termuda sepanjang masa Barcelona ketika menyarangkan bola ke gawang Osasuna dalam pertandingan La Liga. Fati juga menjadi pemain paling muda yang mencetak gol dalam Liga Champions ketika membuat gol ke gawang Inter Milan in Desember tahun lalu.

Fati, yang dilahirkan di Guinea-Bissau tetapi hijrah ke Spanyol dalam usia enam tahun bersama keluarganya, menjadi pemain termuda Spanyol dalam kurun 84 tahun ketika membuat debutnya dalam laga Kamis pekan lalu melawan Jerman yang berkesudahan 1-1.

Fati bangga atas pencapaiannya, namun tak mau berlebihan. "Saya bangga bekerja bersama Luis [Enrique] dan seluruh pemain di sini, tapi saya harus terus berkembang," kata Ansu Fati, dikutip dari Marca.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement