Senin 07 Sep 2020 04:36 WIB

Perusahaan Jepang Berhasil Uji Coba Mobil Terbang Perdana

Jepang pertama kali dalam sejarah berhasil uji coba mobil terbang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nur Aini
Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Sebuah perusahaan Jepang mengumumkan keberhasilan uji coba mobil terbang. Sky Drive Inc melakukan demonstrasi publik pada 25 Agustus di Toyota Test Field, salah satu yang terbesar di Jepang dan rumah bagi basis pengembangan perusahaan mobil. Uji coba itu adalah demonstrasi publik pertama untuk mobil terbang dalam sejarah Jepang.

Mobil yang diberi nama SD-03 itu diawaki pilot yang lepas landas mengitari lapangan selama kurang lebih empat menit. “Kami sangat senang melakukan penerbangan mobil terbang berawak pertama di Jepang dalam dua tahun, sejak mendirikan SkyDrive, dengan tujuan mengkomersialkan pesawat semacam itu,” kata CEO Tomohiro Fukuzawa dalam sebuah pernyataan dilansir di CNN.

Baca Juga

Dia mengatakan peruahaan berkeinginan menjadikan mobil terbang sebagai salah satu alat transportasi yang mudah diakses dan nyaman. Dengan begitu, orang-orang dapat mengalami cara hidup baru yang aman, terjamin, dan nyaman.

SD-03 adalah kendaraan yang dapat lepas landas dan melakukan pendaratan vertikal listrik terkecil di dunia berukuran sekitar dua mobil yang diparkir. Berdasarkan rilis perusahaan, SD-03 memiliki delapan motor untuk memastikan keamanan dalam situasi darurat.

"Dalam mendesain genre baru transportasi yang belum dijelajahi yang dikenal sebagai mobil terbang, direktur desain, Takumi Yamamot mengatakan perusahaan memilih kata kunci progresif sebagai inspirasi. “Kami ingin kendaraan ini futuristik, karismatik, dan diminati semua pelanggan di masa mendatang, sambil sepenuhnya menggabungkan teknologi tinggi SkyDrive,” ujar Takumi.

Perusahaan berharap menjadikan mobil terbang sebagai bagian dari kehidupan normal, bukan sekedar komoditas. Lebih banyak penerbangan uji akan dilakukan di masa mendatang dalam kondisi berbeda untuk memastikan keselamatan dan teknologi kendaraan memenuhi standar industri.

Keberhasilan penerbangan itu mengisyaratkan kemungkinan mobil itu diuji di luar lapangan Toyota Test pada akhir tahun ini. Perusahaan terus mengembangkan teknologi untuk meluncurkan mobil terbang dengan aman dan aman pada 2023. Saat ini, belum ada harga yang ditetapkan untuk harga jual mobil terbang itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement