Ahad 06 Sep 2020 09:41 WIB

Pete Buttigieg Gabung ke Tim Transisi Joe Biden

Mantan saingan Biden, Pete Buttigieg, ditarik masuk ke tim transisi Gedung Putih

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Mantan kandidat capres AS Partai Demokrat Pete Buttigieg. Ilustrasi.
Foto: Gary He/EPA
Mantan kandidat capres AS Partai Demokrat Pete Buttigieg. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tim kampanye Joe Biden menambahkan anggota dengan merekrut mantan saingan utama Demokrat, Pete Buttigieg, bersama dengan pejabat senior yang bertugas di bawah Presiden Barack Obama, Sabtu (5/9). Biden membuat tim transisi Gedung Putih menjadi lebih luas.

Biden menambahkan empat wakil ketua baru ke tim yang dipimpin oleh sekutu lamanya Ted Kaufman. Keempat orang itu yaitu Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham, mantan penasihat ekonomi Obama, Jeffrey Zients, Perwakilan Louisiana Cedric Richmond, dan penasihat kampanyenya Anita Dunn.

Baca Juga

"Kami sedang mempersiapkan transisi ini di tengah latar belakang krisis kesehatan global dan kesulitan ekonomi," kata Kaufman.

Calon Presiden dari Partai Demokrat ini juga menunjuk Buttigieg yang merupakan veteran militer dan mantan wali kota South Bend, Indiana, ke dewan penasihat. Dia bergabung bersama dengan mantan wakil Jaksa Agung Sally Yates dan penasihat keamanan nasional untuk Obama, Susan Rice.

"Ini adalah transisi yang tiada duanya dan tim yang dibentuk akan membantu Joe Biden memenuhi tantangan mendesak yang dihadapi negara kita pada hari pertama," ujar Kaufman.

Kaufman mengatakan keahlian anggota dewan penasihat akan membantu Biden menanggapi pandemi virus corona yang sedang berlangsung dan resesi ekonomi. Mantan ahli bedah umum, Vivek Murthy, telah telah bergabung dengan tim transisi dan memberikan masukan menghadapi pandemi.

Anggota tim transisi baru lainnya termasuk presiden United Farm Workers Teresa Romero, presiden International Brotherhood of Electric Workers Lonnie Stephenson, dan Tony Allen sebagai presiden dari Delaware State University yang secara historis berkulit hitam.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement