Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Demi Chelsea, Havertz Tinggalkan Kamp Latihan Jerman

Sabtu 05 Sep 2020 19:58 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Kai Havertz (kanan) bersama pelatih Chelsea Frank Lampard.

Kai Havertz (kanan) bersama pelatih Chelsea Frank Lampard.

Foto: INSTAGRAM CHELSEA
Chelsea baru saja merampungkan transfer Kai Havertz dari Bayer Leverkusen.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Chelsea baru saja merampungkan transfer Kai Havertz dari Bayer Leverkusen. Demi merampungkan kepindahan ke Chelsea, Kai Havertz, telah meninggalkan pemusatan latihan timnas Jerman di Stuttgart.

Kepergian gelandang serang berusia 21 tahun itu pun telah mendapatkan izin dari pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, dan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

''Pada Jumat (4/9) waktu setempat, Kai Havertz telah meninggalkan pemusatan latihan timnas Jerman di Stuttgart. Alasan kepergiannya terkait dengan rencana kepindahan ke Inggris,'' tulis pernyataan resmi DFB seperti dilansir Reuters, Jumat (4/9).

Tidak hanya itu, dalam pernyataan resmi di laman klub, Direktur Olahraga Bayer Leverkusen, Rudi Voeller, mengungkapkan, Leverkusen telah secara khusus meminta persetujuan kepada Direktur Teknik Timnas Jerman, Olivier Bierhoff, dan pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, agar Havertz diizinkan meninggalkan pemusatan latihan timnas Jerman.

Voeller pun menegaskan, Havertz akan terbang ke London untuk merampungkan kepindahan ke Chelsea. ''Kami terus berkomunikasi dengan Bierhoff dan Loew. Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian dari DFB dan pelatih timnas atas kondisi ini. Sehingga, Kai bisa segera menyelesaikan kepindahannya ke London,'' ujar mantan penggawa timnas Jerman tersebut.

Havertz memang tengah memperkuat timnas Jerman untuk menghadapi dua laga pembuka di pentas UEFA Nations League. Di laga kontra Spanyol, Jumat (4/9) dini hari WIB, Havertz tidak diturukan oleh pelatih Joachim Loew. Dengan kepergiannya ke London, alumnus tim junior Leverkusen itu tidak akan memperkuat Die Mannschaft di laga kontra Swiss, Senin (7/9) dini hari WIB.

Sebelumnya, seperti dilansir Sky Jerman, Chelsea dan Bayer Leverkusen telah mencapai kata sepakat, terutama soal besaran dan paket nilai transfer Havertz. Kabarnya, the Blues akan menebus Havertz dengan paket nilai transfer senilai 80 juta euro, ditambah bonus 20 juta euro. Dengan begitu, the Blues akan mengeluarkan total nilai transfer mencapai 100 juta euro atau sekitar 89 juta poundsterling.

Tidak hanya itu, sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Leverkusen memiliki peluang meminjam salah satu penggawa Chelsea, Malang Sarr, yang baru direkrut dari Nice dengan status free transfer pada awal bulan ini. Leverkusen dapat meminjam Sarr selama satu musim penuh.

Gelontoran nilai transfer mencapai 89 juta poundsterling itu akan menjadikan Havertz sebagai pemain termahal yang pernah didatangkan Chelsea. Hingga saat ini, status pemain termahal the Blues digenggam oleh kiper asal Spanyol, Kepa Arrizabalaga, yang direkrut dari Atletico Bilbao dengan nilai transfer mencapai 71,6 juta poundsterling pada 2018.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA