Sabtu 05 Sep 2020 15:53 WIB

Tiga Trofi Piala Afrika Milik Mesir Hilang Dicuri

Mesir adalah negara Afrika terbanyak meraih trofi Piala Afrika.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Andri Saubani
Skuat timnas Mesir.
Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
Skuat timnas Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kabar mengejutkan datang dari Mesir, saat tiga trofi Piala Afrika yang diraih pada 2006, 2008 dan 2010, hilang dari kantor pusat Federasi Sepak Bola Mesir. Dugaan trofi tertinggi sepak bola benua Afrika itu hilang karena tak ada seorang pun yang tahu di mana keberadaannya.

Padahal, tidak ada klub Afrika manapun yang memenangkan trofi tersebut lebih banyak dari Mesir, yang sudah mengoleksi total tujuh trofi. Lima pejabat interim yang saat ini memimpin organisasi tersebut terkejut mengetahui trofi tersebut hilang, di tengah rencana membangun museum di dalam kantor pusat, yang bakal diisi trofi dan jersey tim nasional.

Baca Juga

Walaupun ada yang menyebutkan kalau seorang karyawan melihat mantan kapten tim nasional Ahmed Hassan memegang trofi tersebut. Namun saat dihubungi, ia menyangkal telah memegang trofi tersebut.

''Menyusul inventarisasi untuk meletakan trofi, kami terkejut banyak piala, medali, hadiah, pedang dan tameng, hilang tanpa indikasi di mana mereka berada. Mereka sudah lama hilang dan tidak ada yang tahu keberadaannya,'' ucap kepala eksekutif FA Mesir Walid-Al-Attar, dikutip dari Diario AS, Sabtu (5/9).

Ia menegaskan, kini sedang mengumpulkan data apa saja barang yang hilang, sebelum melaporkan ke polisi untuk membawa trofi itu kembali. Menurutnya, trofi itu punya nilai sejarah bagi FA dan sejarah sepak bola Mesir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement