Sabtu 05 Sep 2020 13:06 WIB

Mengenal Tiga Nama yang Tertera di Masker Naomi Osaka

Pakai masker bertuliskan nama korban, Naomi Osaka memprotes ketidakadilan rasial.

Petenis Naomi Osaka mengenakan masker bertuliskan Ahmaud Arbery menjelang tampil di US Open pada 4 September.
Foto: EPA
Petenis Naomi Osaka mengenakan masker bertuliskan Ahmaud Arbery menjelang tampil di US Open pada 4 September.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama mengikuti turnamen US Open 2020 hingga hari kelima, penampilan Naomi Osaka mencuri perhatian publik. Setiap bertanding, petenis peringkat sembilan versi WTA ini selalu mengenakan masker berwarna hitam dan bertuliskan nama-nama orang tertentu.

Dalam sebuah wawancara usai bertanding di babak pertama, Selasa, Osaka menceritakan bahwa nama-nama yang ada di maskernya merupakan warga kulit hitam yang menjadi korban penembakan oleh polisi di Amerika Serikat. Hal itu dia lakukan sebagai bentuk protes atas ketidakadilan rasial yang masih terjadi sampai sekarang.

Baca Juga

Bahkan, pada ajang Western & Southern Open, yang menjadi turnamen pemanasan sebelum US Open, Osaka sempat mundur dari babak semifinal dengan alasan yang sama. Berikut daftar dan latar belakang dari nama-nama yang sempat muncul pada masker yang dikenakan Osaka selama bertanding di US Open sejak babak pertama hingga babak ketiga:

1. Breonna Taylor

photo
Petenis Naomi Osaka mengenakan masker bertuliskan Breonna Taylor menjelang tampil di US Open, 31 Agustus 2020. - (EPA)

Taylor ditembak mati oleh polisi di apartemennya di Louisville, Kentucky pada 13 Maret. Satu anggota kepolisian yang terlibat dalam insiden itu akhirnya dipecat pada bulan Juni, dua anggota lainnya dijatuhi hukuman administratif. Tidak ada dakwaan kriminal yang diberikan pada ketiga pelaku. Taylor meninggal dalam usia 26 tahun.

2. Elijah McClain

McClain yang berusia 23 tahun tewas akibat mengalami kekerasan oleh sejumlah anggota kepolisian di Aurora, Colorado, Agustus 2019. Keluarganya melakukan tuntutan kepada pemerintah kota dan kepolisian bulan lalu, dengan tuduhan pembunuhan dan penggunaan tindakan kekerasan secara rutin kepada warga kulit hitam.

3. Ahmaud Arbery

Arbery ditembak secara fatal setelah dikejar oleh warga kulit putih saat pria berusia 25 tahun itu sedang joging di tengah kawasan permukiman di Georgia bulan Februari. Tiga orang kulit putih didakwa dengan pasal pembunuhan kepada Arbery setelah rekaman gambar kejadian penembakan tersebut beredar di internet.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement