Jumat 04 Sep 2020 20:35 WIB

LPD KDI Merasa Perlu Tingkatkan Kualitas Khatib

Salah satu misi dari LPD KDI memberikan pencerahan dan wawasan umat.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Muhammad Fakhruddin
LPD KDI Merasa Perlu Tingkatkan Kualitas Khotib. Khatib Shalat Jumat, ilustrasi
Foto: salmanitb.com
LPD KDI Merasa Perlu Tingkatkan Kualitas Khotib. Khatib Shalat Jumat, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK -- Kualitas seorang juru dakwah dan Khotib Jumat perlu terus ditingkatkan untuk menjawab tantangan zaman. Khutbah Jum'at merupakan sarana efektif dalam menyampaikan pesan dakwah.  

Hal itu dikatakan Ketua Lembaga Pengembangan Dakwah Khotib dan Da'i Indonesia (LPD KDI) Ustadz Nur Effendi di Kota Depok, Jumat (4/9). 

Menurut Nur, kondisi di lapangan masih adanya permasalahan seperti kualitas khotib tidak merata, materi khutbah tidak aktual atau tidak menjawab masalah faktual.  Sehingga, tidak jarang saat sholat Jumat jamaah tertidur, ngobrol atau ngantuk. 

"Salah satu visi dari LPD KDI adalah  menjadi lembaga profesi Khotib dan Da'i.  Yang mampu mengoptimalkan peran Khotib dan Da'i dalam menerapkan nilai-nilai Islam Rahmatan Lil Alamin," terangnya.

Dia menambahkan, salah satu misi dari LPD KDI memberikan pencerahan dan wawasan umat. Yaitu dengan  meningkatkan kualitas para Da'i dan Khotib. "Perlu dicatat bahwa keberadaan lembaga ini memiliki tujuan memberdayakan tugas khotib dan Da'i. Yaitu dalam upaya mereformasi pandangan umat sebagai pemikul Panji moralitas berdasarkan nilai Al-Quran dan hadis," paparnya. 

Sekjen di LPD KDI Ustadz Andhyca Nur mengatakan, dalam waktu dekat akan mengadakan beragam kegiatan. Diantaranya: pelatihan Khotib dan Da'i, Pengajian rutin bulanan (Kajian Fiqih, Hadits dan Tafsir Al-Qur'an), Kerjasama dengan DKM Masjid, instansi dan lembaga untuk mendelegasikan binaannya.

"Dalam waktu dekat kita akan dibentuk perwakilan di 11 Kecamatan. Dilanjutkan di tingkat Jabodetabek dan Nasional," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement