Jumat 04 Sep 2020 17:09 WIB

Kapasitas TPU Pondok Ranggon Tersisa 1.100 Petak Makam

Petugas TPU Pondok Ranggon telah memakamkan sebanyak 2.623 jenazah Covid-19.

Rep: Meiliza Laveda, Zainur Mashir Ramadhan/ Red: Andri Saubani
Petugas memakamkan jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Rabu (2/9). Satgas Penanganan COVID-19 menyatakan adanya peningkatan jumlah kasus kematian pasien COVID-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir sebesar 24,4 persen. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas memakamkan jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Rabu (2/9). Satgas Penanganan COVID-19 menyatakan adanya peningkatan jumlah kasus kematian pasien COVID-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir sebesar 24,4 persen. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lahan TPU Pondok Ranggon Jakarta Timur diprediksi akan terisi penuh dalam dua bulan ke depan. Komandan Regu PJLP TPU Pondok Ranggon, Nadi (47 tahun) mengatakan, saat ini tersisa 1.100 petak makam untuk jenazah pasien Covid-19.

"Lahan kami untuk jenazah Covid-19 tersisa 1.100 petak makam, baik untuk muslim dan non-muslim," kata Nadi saat dikonfirmasi pada Jumat (4/9).

Baca Juga

Sementara terkait rata-rata jumlah jenazah yang dimakamkan pada periode Agustus lalu, kisaran 27 hingga 28 jenazah per hari.

"Tanggal 31 Agustus itu rekor selama saya bertugas sejak Maret, biasanya 27 sampai 28, pas saat itu ada 36 jenazah," tutur dia.

Berdasarkan penghitungan volume lahan, dia menjelaskan lahan tersebut seluas kurang lebih 7.000 meter persegi atau kurang dari 1 hektare. Sejak bertugas dari Maret hingga saat ini, sebanyak delapan blad baru telah dibuka untuk tempat jenazah Covid-19.

"Kami pakai blad 91 sampai 99, kecuali blad 97 yang dipergunakan untuk masyarakat umum. Untuk jumlahnya sendiri berbeda-beda, ada yang satu blad bisa untuk 240 jenazah, ada juga yang 300 jenazah," ujar dia.

Sejauh ini, terhitung sejak Maret hingga akhir Agustus, petugas TPU Pondok Ranggon telah memakamkan sebanyak 2.623 jenazah Covid-19.

In Picture: Kesibukan Petugas Pemakaman TPU Tegal Alur Meningkat

photo
Seorang petugas melintas di dekat makam Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (2/9). Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan adanya peningkatan kasus kematian pasien positif Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir sebesar 24,4 persen. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Selain di TPU Pondok Ranggon, Pemprov DKI Jakarta menyediakan tempat pemakaman khusus pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. Saat ditemui Republika, pada Rabu (2/9), koordinator gali kubur TPU Tegal Alur, Asep (40) mengatakan, dalam sehari setidaknya ada 20 makam dengan protokol khusus yang digali, selain dari makam umum biasa lainnya. Bahkan, jumlah itu ia nilai selalu bertambah setiap waktunya.

Ketika ditanya sisa kapasitas lahan di TPU Tegal Alur untuk pemakaman umum atau Covid-19, Asep tak mau menjawab. Namun, ia mengakui bahwa jumlah makam di tempatnya sudah diluar normal.

"Sudah diluar normal. Beberapa kali lokasi pemakaman protokol (Covid-19) di sini juga dipindah-pindah," tambah dia sambil menunjuk beberapa lokasi.

photo
10 Daerah Zona Merah Empat Pekan Berturut-turut - (Data Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement