Jumat 04 Sep 2020 14:59 WIB

Pelatih Spanyol Jelaskan Alasan Jadikan De Gea Starter

Enrique mempertahankan keputusannya memilih David De Gea dan juga Kepa Arrizabalaga.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Juru taktik timnas Spanyol, Luis Enrique, mempertahankan keputusannya memilih David De Gea dan juga Kepa Arrizabalaga saat melawan Jerman. Enrique memainkan De Gea sebagai starter, saat menahan imbang 1-1 Jerman, Kamis (3/9) waktu setempat.

Padahal, kiper Manchester United itu mendapat kritik atas penampilannya di Inggris. Namun, Enrique menyebut kalau De Gea sudah memainkan banyak pertandingan di Inggris. Ia telah memantau De Gea dengan sangat intensif.

Enrique sadar, kalau De Gea dan Kepa selalu jadi sorotan setiap kali membuat kesalahan. ''Dengan pertandingan yang dia (De Gea) mainkan, kami seharusnya bisa tahu betapa luar biasanya kiper yang kami miliki,'' ujar Enrique dikutip dari Marca, Jumat (4/9).

photo
David De Gea - (EFE/PETER POWELL)

Enrique berusaha untuk menyemangati keduanya, meski terus dikritik, dan bukan malah membuang dua kiper itu dari tim nasional. Sehingga walaupun media membuat posisi kedua kiper itu kian sulit, mantan pelatih Barcelona itu akan memberikan lebih banyak dukungan. 'Keduanya tahu bahwa kesalahan mereka akan lebih diingat dibanding pemain lain. Tapi mereka memang diciptakan untuk itu,'' jelasnya.

Usai berhasil mengimbangi Jerman, Enrique senang ada banyak hal positif dalam pertandingan ini, khususnya dari level taktik. Ia senang skuatnya tak banyak kehilangan bola dalam pertandingan, serta bermain di wilayah lawan. ''Itu merupakan DNA kami main di wilayah lawan,'' tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement