Jumat 04 Sep 2020 13:21 WIB

Jonatan Christie dan Rekan-Rekan Jalani Swab Test

Ini upaya PBSI dalam memastikan kondisi para atlet terbebas dari Covid-19.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.
Foto: Galih Pradipta/Antara
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jonatan Christie dkk menjalani tes usap (swab test) untuk mendeteksi Covid-19 di Pelatnas Cipayung pada Jumat (4/9) pagi. Ini merupakan upaya PBSI dalam memastikan kondisi para atlet terbebas dari penyakit yang tengah mewabah di seluruh dunia tersebut.

Sebelumnya, PBSI sudah mengadakan rapid test berkala di lingkungan Pelatnas Cipayung sebanyak empat kali dari bulan Maret hingga Juli. Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, mengatakan bahwa PP PBSI akan mengupayakan tes usap berkala untuk terus memantau kondisi para atlet.

“Kami ingin memastikan atlet-atlet pelatnas terbebas Covid-19. PBSI memang secara kontinyu mengadakan test. Setelah sebelumnya PBSI sudah empat kali rapid test, yang kelima ini menggunakan test usap yang hasilnya lebih akurat,” kata Budiharto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/9). "Tes usap itu tidak murah, tapi diakui memang lebih akurat dari rapid test. Kami akan berusaha secara rutin untuk melakukanmya guna memastikan atlet dalam kondisi terbaik.”

Jonatan mengapresiasi langkah PBSI. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia ini berharap ia dan semua teman-temannya terbebas dari Covid-19. “Menurut saya ini bagus supaya tahu kondisi atlet, terlepas apapun hasilnya. Semoga semua negatif, kalaupun misalnya ada yang positif kan bisa segera diambil tindakan medis, supaya bisa menahan penyebarannya. Saya berharap tes usap bisa diadakan rutin,“ ujarnya.

Jonatan mengatakan, memang rasanya tak nyaman saat menjalani proses tes usap. Apalagi ini adalah pengalaman pertamanya menjalani swab test. “Rasanya tidak nyaman saat tes usap hidung kiri dan kanan, kayaknya langsung ada yang naik ke kepala. Saat di tenggorokan juga tidak nyaman, tapi yang di hidung yang lebih terasa. Tapi tidak apa-apa demi kesehatan dan keselamatan kita semua, bisa ditahan rasa tidak nyamannya kok,” lanjutnya.

Tes usap ini juga merupakan salah satu bentuk persiapan para atlet untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan selanjutnya. Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh BWF, turnamen yang akan dilangsungkan di tahun ini adalah Piala Thomas dan Uber serta dua turnamen seri Eropa yang akan dihelat di Denmark. Lalu dilanjutkan dengan tiga turnamen seri Asia yang tuan rumahnya belum ditentukan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement