Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Banyuwangi Diyakini Bisa Jadi Wisata Bahari Kelas Dunia

Sabtu 05 Sep 2020 00:43 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Wisatawan bermain di Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (18/6/2019).

Wisatawan bermain di Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (18/6/2019).

Foto: Antara/Budi Candra Setya
Banyuwangi memiliki keindahan alam yang menawan dan komitmen Pemda setempat

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meyakini Banyuwangi bisa menjadi pusat wisata bahari berkelas dunia. Bukan hanya karena Banyuwangi memiliki keindahan alam yang menawan, namun juga komitmen pemerintah daerah setempat yang terus melakukan berbagai inovasi dan kreasi di sektor wisata.

"Banyuwangi berhasil memaksimalkan seluruh potensi wisata yang dimiliki untuk menarik wisatawan lokal dan asing. Padahal sebelumnya nama Banyuwangi nyaris tidak terdengar," kata Khofifah di Surabaya, Jumat (4/9).

Khofifah mencontohkan Pantai Marina Boom. Dulu, kata dia, pantai tersebut terkenal kumuh dan tidak terawat setelah fungsi pelabuhan dipindahkan ke pelabuhan ketapang. Namun saat ini, justru menjadi landmark baru Banyuwangi dan tujuan wisata warga lokal maupun asing. Belum lagi berbagai acara dan festival yang rutin digelar di Marina Boom, mampu memjadi magnet wisatawan.

"Pemerintah daerah jeli mengidentifikasi potensi sekaligus menghadirkan apa yang diinginkan publik di era kekinian. Lihat saja hampir semua spot disini sangat instagramable," ujarnya.

Menurut Khofifah, inovasi yang dilakukan Banyuwangi dapat menjadi referensi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Jawa Timur. Karenanya, Khofifah mendorong pemerintah kabupaten/ kota di Jatim untuo mencari potensi unggulan apa yang dimiliki. Kemudian dikemas dengan apik sehingga menjadi sesuatu yang layak jual.

"Saya lebih suka menyebutnya dengan menjual pengalaman. Karena meskipun potensi yang dimiliki relatif sama, tapi sensasi dan pengalaman yang diperoleh akan berbeda. Tergantung cara mengemasnya," kata dia.

Khofifah mengatakan, bukanlah sesuatu yang berlebihan jika dirinya yakin Banyuwangi akan menjadi pusat wisata bahari kelas dunia. Pasalnya, banyak spot wisata bahari bagus yang mampu menarik banyak wisatawan.

Di antaranya, Pulau Merah, Pantai Watu Dodol, Pantai Sukamade, Pantai Plengkung, Pantai Wedi Ireng, dan lain sebagainya. Bahkan, Pantai Plengkung sendiri sangat terkenal di telinga wisatawan asing karena memiliki ombak terbaik untuk surfing.

"Jika sektor pariwisata berkembang, saya yakin industri pendukung lainnya juga ikut tumbuh. Ini akan menggerakkan ekonomi rakyat," kata dia.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menegaskan kesiapan Banyuwangi menerima sebanyak-banyaknya investor yang berminat investasi di sana. Dia menjamin akan mempermudah segala perizinan agar investor tertarik berinvestasi, termasuk di sektor pariwisata.

"Pemda akan mempercepat semua perijinan yang diperlukan oleh investor sehingga sektor ekonomi di Banyuwangi semakin menggeliat," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA