Jumat 04 Sep 2020 09:26 WIB

Cetak Rekor, Defisit Anggaran AS Sentuh Rp 48.510 Triliun

Lonjakan defisit menandakan utang pemerintah AS akan melebihi PDB 2021.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Amerika. Defisit anggaran Amerika Serikat (AS) diproyeksikan mencapai rekor 3,3 triliun dolar AS.
Foto: EPA
Bendera Amerika. Defisit anggaran Amerika Serikat (AS) diproyeksikan mencapai rekor 3,3 triliun dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Defisit anggaran Amerika Serikat (AS) diproyeksikan mencapai rekor 3,3 triliun dolar AS atau sekitar Rp 48.510 triliun (kurs Rp 14.700 per dolar AS) karena pengeluaran pemerintah yang sangat besar untuk memerangi virus corona. Bahkan pemerintah harus menopang ekonomi dan telah menambahkan anggaran lebih dari 2 triliun dolar AS ke buku besar.

Seperti dilansir dari laman AP, Jumat (4/9), lonjakan defisit menandakan utang pemerintah AS akan melebihi produk domestik bruto tahunan tahun depan. Hal ini sebuah tonggak sejarah yang akan menempatkan AS setelah Perang Dunia II, ketika akumulasi utang melebihi ukuran ekonomi.

Baca Juga

Anggaran sebesar 3,3 triliun dolar AS lebih dari tiga kali lipat dari kekurangan pada 2019 dan lebih dari dua kali lipat tingkat yang dialami setelah kehancuran pasar dan Resesi Hebat 2008-2009. Pengeluaran pemerintah didorong oleh empat program penanganan virus corona yang mencapai 6,6 triliun dolar AS, meningkat 2 triliun dolar AS dibandingkan anggaran 2019.

Resesi telah menyebabkan penurunan pendapatan pajak turun, tetapi perubahannya tidak sedramatis yang terlihat di sisi pengeluaran, dengan pemungutan pajak penghasilan individu tertinggal 11 persen tahun lalu. Pemungutan pajak perusahaan turun 34 persen.

Perekonomian ditutup pada musim semi, sehingga orang bisa terisolasi, dalam upaya nasional yang gagal untuk mengalahkan pandemi. Penutupan itu menyebabkan anggota parlemen dan Presiden Donald Trump memompa uang ke dalam subsidi bisnis, tunjangan pengangguran yang lebih besar, pembayaran langsung 1.200 dolar AS dan langkah-langkah stimulus lain yang telah membantu perekonomian dalam jangka pendek.

Sebagian besar ekonom tidak terganggu oleh pinjaman besar seperti itu ketika ekonomi dalam bahaya dan utang itu nyaris tidak menjadi perhatian ketika tagihan bantuan virus corona senilai 2 triliun dolar AS disahkan hampir dengan suara bulat pada Maret.

Tapi sekarang anggota parlemen dan Gedung Putih bertengkar tentang ukuran dan ruang lingkup RUU bantuan virus kelima, Partai Republik semakin gelisah dengan biaya yang sangat besar untuk memerangi pandemi. DPR yang dikendalikan Demokrat mengesahkan undang-undang 3,5 triliun dolar AS pada Mei, meskipun Ketua DPR Nancy Pelosi, D-California mengatakan telah bersedia memotong anggaran menjadi 2,2 triliun dolar AS.

Beban kasus tetap meningkat secara tidak dapat diterima karena virus menimbulkan kerugian yang menyakitkan dan berkepanjangan pada ekonomi dan sentimen tetap tinggi untuk paket penyelamatan virus kelima yang akan mencakup uang untuk membuka kembali sekolah, menambal anggaran negara dan melanjutkan peningkatan tunjangan pengangguran yang telah membuat keluarga tetap bertahan. .

Di antara Partai Republik, tampaknya ada sedikit semangat untuk kesepakatan. Setidaknya pada apa yang mereka lihat sebagai persyaratan yang tidak menguntungkan. Para pemimpin GOP telah mendesak untuk paket dalam kisaran 1 triliun dolar AS, tetapi pembicaraan partai selama Agustus difokuskan pada paket yang lebih kecil.

Defisit yang sangat besar membawa utang pemerintah AS, yang diukur dengan ukuran ekonomi, mendekati tingkat yang tidak dialami sejak akhir Perang Dunia II, ketika pinjaman eksplosif untuk mendanai upaya perang menyebabkan lonjakan bersejarah. Tetapi tingkat itu dengan cepat surut selama ledakan pasca perang, sesuatu yang tidak akan terjadi sekarang karena pengeluaran federal sekarang didominasi oleh program pensiun seperti Medicare dan Jaminan Sosial, yang biayanya meningkat secara otomatis dengan inflasi dan pensiunnya generasi Baby Boom.

Teguran defisit telah lama memperingatkan kenaikan tingkat utang akan menjadi hambatan ekonomi pada tahun-tahun mendatang. Jika suku bunga naik terlalu tinggi, pembayaran hutang akan membebani anggaran secara signifikan. Federal Reserve telah turun tangan untuk menjaga pasar kredit tetap stabil dan suku bunga rendah selama bertahun-tahun karena tingkat utang telah meningkat.

“Pada titik tertentu, kebutuhan pinjaman Washington yang tak terpuaskan akan menyingkirkan investasi lain dan merusak pertumbuhan,” kata Senior di Institut Manhattan Brian Riedl.

"Washington harus membantu mengakhiri pandemi dan menyelamatkan ekonomi, namun juga harus mengatasi defisit jangka panjang yang tidak berkelanjutan ini,” katanya.

Pada akhir tahun, utang nasional yang dimiliki publik akan berjumlah 98 persen dari produk domestik bruto AS, total output barang dan jasa. Itu dibandingkan dengan 79 persen dari PDB pada akhir 2019 dan sebesar 35 persen pada 2007.

CBO memproyeksikan utangnya akan melebihi 100 persen dari PDB pada 2021 dan mencatat rekor tertinggi baru 107 persen pada 2021. CBO, badan penelitian dan ekonomi non partisan kongres memperkirakan defisit akan mencapai 13 triliun dolar AS selama dekade mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement