Jumat 04 Sep 2020 08:55 WIB

Nabire Gempa dengan Magnitudo 4,4

Getaran gempa itu dirasakan di daerah Nabire dan terasa seakan ada truk berlalu.

Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kabupaten Nabire di Provinsi Papua mengalami gempa dengan magnitudo 4,4 pada Jumat (4/9) pukul 03.58 WIT menurut Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura. Pelaksana Tugas Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura Tato Agustinus mengatakan, gempa itu pusatnya berada di darat pada kedalaman 75 km di koordinat 3,48 Lintang Selatan dan 135,47 Bujur Timur, 31 km barat laut Kabupaten Nabire.

Menurut dia, gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas Sesar Waipoga Throughitu tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Menurut data BBMKG, getaran gempa itu dirasakan di daerah Nabire dengan intensitas III MMI, dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan ada truk berlalu.

Baca Juga

Hingga saat ini BBMKG belum menerima laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut. Petugas BMKG juga mengimbau warga agar tenang, tapi waspada. "Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata Tato.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement