Jumat 04 Sep 2020 00:43 WIB

Rio Ferdinand: Van De Beek Pemain Tepat untuk MU

Ferdinand menilai Van de Beek memiliki kemampuan yang lengkap sebagai gelandang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Donny Van de Beek
Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Donny Van de Beek

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan kapten Manchester United (MU) Rio Ferdinand menyambut baik perekrutan gelandang asal Belanda Donny Van de Beek. Menurut eks bek tengah United tersebut, dengan segala kemampuan yang dimilikinya, Van de Beek pemain yang tepat meningkatkan performa Setan Merah.

Ferdinand menilai Van de Beek memiliki kemampuan yang lengkap sebagai gelandang. Mulai dari kecerdasan membaca permainan, jeli dalam melihat celah di lini pertahanan lawan, kemampuan dalam memasok assist, hingga insting dalam mencetak gol. Ini merupakan sederet kulitas utama dari gelandang berusia 23 tahun tersebut.

Baca Juga

Kemampuan inilah, tutur Ferdinand, yang bisa dibawa Van de Beek dalam lini tengah MU pada musim depan. Terlebih, dia akan bekerja sama dengan Bruno Fernandes dan Paul Pogba. Ferdinand memuji langkah pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer yang meminta manajemen United merekrut Van de Beek.

"Mungkin, waktu yang akan menjawab bagaimana kemampuan adaptasinya. Namun, bisa dipastikan, United mendapatkan gelandang yang solid dan pintar membaca permainan. Jika bergabung dengan tim yang pandai menciptakan peluang, seperti United saat ini, maka dia adalah pemain yang tepat. Untuk hal ini, saya mendukung langkah Ole. Kerja bagus," ujar Ferdinand di akun YouTube miliknya seperti dilansir laman resmi MU, Kamis (3/9).

Mantan bek tengah timnas Inggris itu pun masih ingat saat Van de Beek mampu tampil impresif pada leg pertama babak semifinal Liga Champions musim 2018/2019. Pada saat itu, Van de Beek mencetak gol kemenangan Ajax saat membungkam Tottenham Hotspur 1-0. Selain itu, Ferdinand juga telah menganalisis statistik penampilan Van de Beek.

Dengan keberhasilan mencetak 40 gol dan 29 assist selama tiga musim memperkuat tim utama Ajax Amsterdam, Ferdinand menyebut, Van de Beek layak disejajarkan dengan sejumlah gelandang terbaik di pentas Liga Primer Inggris. Ferdinand membandingkan dengan catatan statistik gelandang-gelandang di Liga Primer Inggris dalam tiga musim terakhir.

"Awalnya, saya mengira dia akan berada di urutan ketujuh atau kedelapan rangking pemain yang paling sering terlibat dalam terciptanya gol. Namun, ternyata dia berada di urutan kedua, setelah Kevin de Bruyne. Jadi, sebenarnya dia sudah berada dalam jajaran gelandang elite di Eropa," kata Ferdinand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement